HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

DLH Bangkalan Ciptakan Tehnologi  Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber Sampah

Rimah Daur Ulang sampah

Bangkalan,maduranewsmedi.com – Untuk mengatasi persoalan sampah di kabupaten Bangkalan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Bangkalan menciptakan tehnologi pengelolaan sampah berbasis sumber sampah. “Tehnologi pengelolaan sampah berbasis sumber ini kita beri nama Rumah Daur UIang (RDU), Alhamdulillah RDU ini inovasi pengelolaan sampah pertama di Indonesia, ” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkalan, Anang Yulianto, Jum, at (17/06/2022).

Dikatakan Dia, RDU yang berlokasi di jalan Letnan Sunarto kelurahan Pangeranan kecamatan kota Bangkalan ini dibangun pada Bulan Maret 2022. “RDU sudah beroperasi ada 10 orang pekerja yang memproses sampah di dalam RDU itu,” jelas Anang sapaan akrabnya Kadis DLH Bangkalan ini.

Dijelaskan Anang, sampah dari masyarakat yang dibawa ke RDU diolah menjadi menjadi arang  untuk bahan bakar. “Konsep pengelohan sampah berbasis sumber di RDU ini kita meng- upgrade dari pengelohan sampah di TPS3R, ” terangnya.

Yang jelas kata Anang, dengan adanya RDU ini sampah tidak dibawa ke mana mana. “Sistem kerjanya, petugas mengambil sampah ke gang gang lalu di angkut ke RDU, ” tuturnya.

Dengan adanya RDU ini kata Anang, diharapkan bisa merubah sampah menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomi. “Karena outputnya sampah yang masuk ke RDU ini diolah menjadi arang  untuk bahan bakar, ” pungkasnya. (min/shb)