TERKINI

Dua Orang Warga Bangkalan Kembali Positif Covid-19, Jumlah Warga Yang Terpapar Covid-19 Menjadi 28 Orang

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Jumlah warga yang terpapar positif Covid-19 di kabupaten Bangkalan terus bertambah. Kali ini dua orang warga kembali positif Covid-19, dan keduanya menjadi pasien yang ke 27 dan pasien ke 28. Pasien positif Covid-19 ke 27 itu adalah  Ny. H (56) warga desa Lebak Barat Kecamatan Sepulu dan pasien ke 28  Ny. RN (28) warga Kota Bangkalan. “Data per hari ini (Kamis, 21/05) terdapat 28 kasus positif covid-19 di kabupaten Bangkalan, “ kata  humas Gugus tugas covid-19 kabupaten bangkalan, Agus Zain dalam  Keterangan pers, Kamis (21/05/2020).

Dikatakan Agus zain, pasien ke 27  Ny. H (56) warga desa  Lebak Barat Kecamatan Sepulu ini. Pada tanggal 11/05 mengalami keluhan panas dingin sehingga memeriksakan diri ke RS Adi Husada Surabaya sebagai rumah sakit tujuan setiap kali merasa sakit. Dokter menyarankan untuk rawat inap selama enam hari, tetapi (Sabtu, 16/5) minta pulang paksa. “ Pada tanggal 19/05 Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan mendapatkan laporan  dari Dinkes DKK Surabaya yang menjelaskan bahwa Ny.H pasien pulang paksa dari  RS Adi Husada Surabaya telah terkonfirmasi berdasarkan laboratorium Covid-19. Keesokan harinya (20/5) Ny.H dirujuk ke RSUD Syamrabu Bangkalan oleh petugas  Puskesmas Kecamatan Sepulu,” jelas Agus sapaan akrabnya humas Gugus tugas Covid-19 kabupaten ini.

Sedangkan untuk pasien ke-28  Ny. RN (28) warga Kota Bangkalan ini kata Agus, adalah seorang petugas medis di salah satu rumah sakit di Surabaya. Dia tinggal di Surabaya tetapi sesekali pulang ke Bangkalan. Sebelum dinyatakan positif Covid-19, RN bersama keluarganya pulang  ke Bangkalan (12/5) hanya tinggal di rumah serta tidak bepergian kemana-mana. “Pada tanggal 13/5 RN melakukan rapid tes ke RS Lukas dengan hasil reaktif dan  langsung pulang ke Surabaya. Keesokan harinya (14/5) RN melakukan Swab/PCR ke RS Unair Surabaya selanjutnya ia melakukan isolasi mandiri di rumahnya di  Surabaya. Hari ini (21/5) hasil Swab/PCR atas nama RN menyatakan positif,” tuturnya..

Ditambahkan Agus, Sebelumnya telah terkonfirmasi Pasien ke-25atas nama inisial Tn. AA (56) warga Sukolilo Barat Kecamatan Labang dan Pasien ke-26atas nama inisial Nn. FF (21) yang merupakan anak dari pasien ke-13 asal Bargan Kecamatan Socah. “Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Bangkalan terus mengalami kenaikan,” katanya.

Dengan fakta perkembangan penyebaran yang mengkhawatirkan ini imbuhnya, Gugus Tugas Covid-19 meminta kepada seluruh masyarakat agar benar-benar disiplin dalam menjalani protokol kesehatan wabah sehari-hari. “Bantuan dan dukungan segenap tokoh sebagai panutan masyarakat sangat diharapkan agar masyarakat mau mengikuti anjuran pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran virus ini,” pungkasnya. (hib/shb)