Hanya Sejumlah SMP Di Kabupaten Bangkalan Yang Melaksanakan  USBN Berbasis Komputer

Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Risman Iriyanto

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP,di kabupaten Bangkalan pada tahun ajaran 2018- 2019 ini ternyata hanya ada sejumlah SMPN yang melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Berbasis komputer, dan lebih banyak SMP yang masih melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang berbasis Kertas dan Pensil (KP). “Kalau Ujian Nasionalnya semuanya 100 persen UNBK, namun untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional hanya beberapa sekolah yang Berbasis Komputer (BK) dan masih banyak yang berbasis kertas dan pensil (KP),” kata kata Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP, Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan, Risman Iriyanto, Sabtu (16/03/2019).

Dikatakan dia, untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBNBK) ini Disdik menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah masing-masing. “Untuk USBNBK tergantung kemampuan sekolah, siap apa ngak,” terangnya .

Dijelaskan Risman, pada Ujian Nasional tahun kamarin, sekolah yang melaksanakan USBNBK adalah SMP 1 dan SMP 2, “Tapi tidak semua mata pelajaran. Mapel yang mungkinkan dalam USBNBK itu adalah mapel Ujian Nasional (UN) yaitu  4 mapel, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika dan IPA,” ujarnya.

Oleh sebab itu kata Risman, untuk pelaksanaan USBN ini, Disdik menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah.”Boleh USBN berbasis komputer (BK) dan juga boleh USBN berbasis kertas dan pensil (KP). Jadi USBN ada yang BK ada yang KP tergantung kekuatan sekolah karena aplikasinya sendiri-sendiri. Dan untuk USBN di kabupaten Bangkalan masih banyak USBNKP, karena kita masih terkedala di Sarana,” pungkasnya.(hib/shb)