HEADLINEPERISTIWATERKINI

Hari Pertama Pendaftaran Anggota Panwascam, Sejumlah Pelamar Mulai Mendaftar Ke Kantor Bawaslu Bangkalan

salah seorang pelamar anggota panwascam saat memdaftar di kantor Bawaslu Bangkalan

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Hari ini Rabu tanggal 21 September 2022 merupakan hari pertama pendaftaran anggota Pengawas kecamatan (Panwascam). Dari pantauan maduranewsmedia.com di kantor Bawaslu kabupaten Bangkalan pada pukul 10.00 wib sudah ada 6 orang yang mendaftar.

Ketua Bawaslu kabupaten Bangkalan, Achmad Mustain Saleh menjelaskan untuk pendaftaran anggota Panwascam ini, Bawaslu telah membentuk Pokja rekruitmen Panwascam. “Anggota Pokja Rekruitmen Panwascam  ini ada 9 orang, ” Kata Mustain sapaan akrabnya Ketua Bawaslu kabupaten Bangkalan, Rabu (21/09/2022).

Dijelaskan Mustain, anggota Pokja Rekruitmen panwascam ini terdiri dari anggota dan staf Bawaslu kabupaten bangkalan, Badan Kepegawaian dan Sumber daya Aparatur (BKPSDA) dan Rumah sakit. “Untuk yang dari rumah sakit ini nanti berkaitan dengan kesehatan rohani dan tes bebas narkoba,” jelasnya.

Dijelaskan dia, dalam rekruitmen anggota Panwascam ini, tidak ada target pendaftar. “Kalau target tidak ada, namun sesuai dengan petunjuk tehnis-nya dari masing masing kecamatan ada 6 pendaftar dan harus ada perempuannya. Kalau tidak ada pendaftar perempuan maka kita akan memperpanjang waktu pendaftaran selama 5 hari, ” terangnya.

Perpanjang waktu pendaftaran selama 5 hari ini kata Mustain, untuk memberikan kesempatan keterwakilan perempuan sebesar 30 persen. “Seumpamanya setelah diperpanjang selama 5 hari tetap tidak ada pendaftar perempuan, proses rekruitmen tetap akan dilanjutkan, ” tuturnya.

Ketua Bawaslu Bangkalan optimis kuota 30 persen keterwakilan perempuan dalam rekruitmen anggota Panwascam akan tercapai. “Insya Allah 30 persen keterwakilan perempuan akan tercapai, ” pungkasnya. (min/shb).