HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Hasil Riset CNN Unggulkan Golkar dan Airlangga di Pemilu 2024

Yogyakarta, maduranewsmedi.com -Hasil yang dilakukan oleh lembaga Riset Citra Network Nasional (CNN) kembali menempatkan Partai Golkar di posisi pertama. Begitu juga Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai Top Of Mind.

Direktur Eksekutif CNN, Dwi Harini Soejono MSc, Selasa (15/2)2022), menjelaskan, pihaknya menggelar riset untuk memperoleh informasi dan data sebagai basis analisis persoalan menggunakan metode field study. Hal itu untuk mengumpulkan data primer melalui wawancara mendalam (indepth interview) dengan institusi dan stakeholders yang relevan. Metode ini memiliki kelebihan pada kemampuan dalam menggali detail aspek partisipasi dan preferensi  masyarakat dalam Pemilu  2024 .

Hasil penelitian, bahwa faktor yang mempengaruhi masyarakat memberikan suara jika Pemilu legislative 2024 digelar hari ini, sebanyak 4,7 persen menyatakan dipengaruhi oleh visi misi partai politik, dan 14,2 persen pemberian uang atau bingkisan lain,sedangkan 37,2 persen karena memiliki kesamaaan etnik dengan caleg dan capres ,sebanyak 30,8 persen meyatakan karena dipengaruhi factor memiliki kesamaan keyakinan agama/golongan kepercayaan dengan caleg dan sebanyak 13,1 persen  disebabkan oleh faktor lain-lain.
Karakteristik informan (responden) terdiri PNS, pelaku usaha, Dosen dan mahasiswa, buruh, Ibu RT, sopir angkot/bus ,wiraswatawan/pengusaha dan petani.

Dalam penelitian ini 2.140  responden memiliki confidence level  95 persen dan confidence interval 2,12 persen yang diambil dari 1.070  kecamatan di 34 Provinsi di Indonesia dengan memperhatikan keseimbangan jumlah pemilih di setiap kecamatan pada Pemilu 2019. Penelitian ini dilakukan sejak tanggal 22 Januari hingga 6 Februari 2022.

Kriteria capres yang diinginkan terekam dalam penelitiana ini yaitu sebanyak 87,8 persen menginginkan capres yang be visible, yakni kandidat bisa memiliki reputasi baik di mata pemilih bila ia mampu tampil di depan publik, menciptakan komunikasi dua arah dengan pemilih, familiar dan bersahabat dengan publik.

lalu sebanyak 89,4 persen masyarakat menginginkan capres yang be authentic, yakni reputasi positif yang dimiliki oleh seorang kandidat capres karena ia mampu mewujudkan harapan dari pemilih.

Reputasi positif yang dimiliki bukan terletak pada image yang dibuat-buat atau pencitraan tetapi terletak pada sikap dan tindakan. Ia bukan hanya seorang komunikator yang baik tetapi juga seorang pelaksana yang baik, dalam artian apa yang dijanjikan selalu ditepati dan kebijakan yang diambil selalu mempertimbangkan kepentingan banyak orang. Kemudian 89,6 persen menginginkan capres yang be consisten, yakni apa yang diucapkan selalu dilaksanakan. Dalam artian ia bukan hanya seorang yang pandai berbicara atau pandai berpidato tetapi dia juga seorang perancang sekaligus pelaksana program yang mempengaruhi kehidupan masyarakat menjadi lebih baik

Apabila Pemilu Presiden  dilaksanakan hari ini (Top Of Mind) hasil temuan Penelitian dengan pertanyaan siapakah tokoh Yang anda Pilih Jika “Pemilu Presiden  Dilaksanakan Hari ini” maka peringkat pertama Airlangga Hartarto dipilih 21,8% responden,  kedua Prabowo Subianto 15,3% , dan ketiga Ganjar Pranowo 8,1% responden.

Selanjutnya Anies Baswedan yang 7,5%, Gatot Nurmantyo 6,9% , Puan Maharani 6,1%, Muhaimin Iskandar 2,8 % , Agus Harimurti Yudhoyono 2,7%, Erick Thohir 2,1%, Sandiaga Uno 1,8% dan terakhir yang tidak memilih 24,9% responden.

Dengan simulasi tertutup dengan kuesioner siapakah tokoh yang Anda Pilih Jika “Pemilu Presiden  dilaksanakan hari ini” maka didapatkan hasil dengan peringkat pertama Airlangga Hartarto dipilih oleh 23,5% responden, kedua Prabowo Subianto 16,4%, dan  Ganjar Pranowo 8,3%.

Selanjutnya Anies Baswedan 7,6%, Gatot Nurmantyo 7,7%, Puan Maharani 6,5%, Muhaimin Iskandar 3,3 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,1% responden, Erick Thohir 2,2%, Sandiaga Uno 1,9% dan terakhir yang tidak memilih 19,5% responden.

Alasan utama, mereka memilih Airlangga Hartarto karena Indonesia butuh keberlanjutan pembangunan yang sudah dijalankan Jokowi dan perbaikan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat untuk mengurangi angka kemiskinan akibat dampak pandemi Covid yang diperkirakan akan tetap memepengaruhi kinerja ekonomi Nasional pasca- Jokow.
Alasan utama mereka memilih Prabowo Subianto, pertama tegas berwibawa. Memilih Ganjar Pranowo karena Ganjar Pranowo sering bermedsos dalam menjalankan pemerintahan sebagai Gubernur Jateng.

Memilih Gatot Nurmantyo, dengan alasan menginginkan capres yang tidak terafiliasi pemerintahan Jokowi saat ini sebagai simbol antitesa dari pemerintahan yang sekarang
Memilih Anies Baswedan dengan alasan menginginkan capres yang terafiliasi dengan Gerakan 212 dan dekat dengan FPI

Memilih Puan Maharani dengan alasan kesamaan pilihan parpol dan dekat dengan PDI Perjuangan ,  lalu Muhaimin. Memilih Muhaimin Iskandar dengan alasan kedekatan dengan NU
Memilih Agus Harimurti Yudhoyono dengan alasan sebagai pemilih SBY pada pemilu yang lalu
Memilih Erick Thohir dengan alasan wajah dan namanya terpampang di ATM bank bank BUMN. Memilih Sandiaga Uno dengan alasan Didukung Ijtima Ulama untuk Pilpres 2024

Dari hasil temuan penelitian  tentang  preferensi dan persepsi masyarakat jika pemilu digelar hari ini, Partai Golkar paling banyak dipilih sebagai Top of Mind  dengan tingkat keterpilihan sebesar 14,9 persen, disusul PDI Perjuangan 14,8 persen, Gerindra 14,2 persen, Demokrat 4,2 persen ,Nasdem 3,9 persen,  PKS 3,2 persen, PKB 3,2 persen, PPP 1,2  persen ,PAN 1,1  persen , Perindo 1,1  persen ,PRIMA 1,1persen ,Partai Buruh 1,1 persen ,Garuda 1 persen ,PSI 0,7 persen , PBB 0,6 persen ,Gelora 0,6 persen ,Hanura 0,6 persen , , Ummat 0,2 persen , dan partai lainnya tidak yang memilih alias nil .sedangkan yang tidak menjawab atau memilih 30,8  persen

Dari hasil temuan penelitian i tentang preferensi dan persepsi masyarakat jika pemilu digelar hari dengan mengunakan pertanyaan tertutup pada 2.140 respoden diberikan kertas kuisoner berisi nama parpolitik dan diminta untuk memilih  dan alas an memilihnya  maka hasilnya dari  preferensi dan persepsi masyarakat  menempatkan  Parati Golkar ditempat pertama dengan dipilih sebanyak 17,6 persen, kedua Partai Gerindra 16,8 persen, PDI Perjuangan 16,4 persen , Demokrat 7,2 persen , PKB 5,2 persen ,PKS 5,2 persen , Nasdem 4,5 persen , PAN 2,1 persen ,Perindo 2,1 persen ,PPP 1,9 persen ,PRIMA 1,7 persen ,Partai Buruh 1,2 persen ,Garuda 1,1 persen ,PSI 0,8 persen , Gelora 0,7 persen ,Hanura 0,6 persen ,PBB 0,6 persen ,Ummat 0,3 persen dan partai lainnya NIL pilihan ,sedangkan yang tidak memilih 14,7 persen.(rls/shb)