Inspektorat Bangkalan Temukan Penerima BLT DD Dampak Covid-19 Ganda

perangkat desa saat dilakukan verifikasi

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Monitoring dan evaluasi terhadap penyaluran BLT DD dampak covid-19 menemukan adanya KK yang menerima bantuan ganda. “Dalam Monitoring dan evaluasi yang kita lakukan kita menemukan masih adanya KK yang tumpang tindih, artinya nama yang ada di KK penerima BLT DD masih terdaftar dalam penerima bantuan lain seperti BPNT dan PKH,” kata  Inspektur, Inspektorat kabupaten Bangkalan, Joko Supriyono melalui Jabatan Fungsional Auditor (JFA),  Yahya Rahman, Selasa (19/05/2020).

Oleh sebab itu kata dia, Inspektorat menyarankan kepada desa agar nama dalam KK yang menerima bantuan ganda itu memilih. “Kita sarankan KK yang tumpang tindih itu atau menrim bantuan ganda itu, agar desa memilih salah satunya,  mana yang akan diambil oleh KK yang bersangkuta, apakah akan mengambil BPNT atau BLT DD, maka desa harus mensilpa-kan KK itu dan masuk lagi ke rekening kas desa dan Silpa itu yang akan diminta oleh kita bukti silpa-nya ke rekening desa. Penerima bantuan ini ngak boleh ganda,” jelas Yahya Rahman.

Dijelaskan Yahya Rahman, Monitoring dan evaluasi merupkan tugas yang diamanahkan oleh Permendes No 6 tahun 2020 tentang penyaluran dana BLT DD terdampak Covid-19. “Monitoring dan evaluasi terkait penyaluran BLT DD ini dilakukan pada  273 desa, dengan sistem sampling. jadi dari 273 desa kita men-sampling 144 desa dan sudah memenuhi 50 persen,” pungkasnya. (hib/shb)