HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Itensitas Hujan Masih Tinggi, BPBD Bangkalan  Himbau Masyarakat Waspadai Bencana Banjir dan Tanah Longsor

Kepala Pelaksana BPBD Bangkaoan G Heri Susianto

Bangkalan, maduranewsmedia.com – Intensitas hujan di kabupaten Bangkalan masih tinggi. Diperkirakan intensitas hujan yang masih tinggi ini berlangsung hingga bulan Januari 2023. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bangkalan menghimbau kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah rawan Banjir untuk tetap mewaspadai terjadinya bencana banjir dan tanah longsor “Saya himbau masyarakat untuk tetap waspada, sebab hujan itensitas tinggi ini akan berlangsung pada akhir bulan Desember hingga bulan Januari nanti, ” kata Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Bangkalan, Geger Heri Susianto, Selasa (13/12/2022).

Sebab kata dia, ada beberapa daerah di kabupaten Bangkalan ini yang berpotensi banjir seperti di kecamatan Blega, kecamatan Arosbaya, Sepulu dan kecamatan Geger. Pada tahun 2022 di Blega  sudah 2 kali terjadi Banjir dan di daerah yang saya sebutkan itu sering terjadi banjir tahunan, ” jelas Geger sapaan akrabnya Kepala Pelaksana BPBD Bangkalan ini.

Dijelaskan Geger, untuk mengantisipasi bencana banjir di kecamatan Blega, BPBD telah mendirikan posko. “Intensitas hujan saat ini  lumayan besar, makanya teman teman mendirikan posko di kecamatan Blega ini untuk mengantisipasi bencana banjir, ” terangnya.

Ditambahkan Geger, dari maping yang dilakukan oleh BPBD kabupaten Bangkalan ada beberapa daerah yang berpotensi terjadi bencana banjir. “Daerah yang berpotensi banjir tahunan ini antara lain : Blega, Tanjung bumi, Arosbaya dan sepulu, ” tuturnya.

Adanya intensitas hujan yang masih tinggi ini BPD Bangkalan menghimbau agar masyarakat tetap waspada.  “Berhati hatilah, jika terjadi hujan deras dan terjadi bencana banjir besar, maka yang harus didahukukan penyelamatan orangnya. makanya kita harus tetap melakukan pencegahan dan kesiap siagaan dalam menghadapi bencana, ” pungkasnya. (min/shb)