HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Jelang Bulan Suci Ramadan, Dewan Minta  Kota Pamekasan Bersih Dari Pengemis 

Sahur abadi

 

Pamekasan, maduranewsmedia.com – menjelang Bulan suci ramadan dewan mendesak pemkab Pamekasan harus kerja ektra dalam membersihkan para pengimis di kota gerbang salam. Mengingat tahun tahun sebelumnya, setiap  Bulan puasa pengemis marak.

Oleh sebab itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat memita Pemerintah Kabupaten (Pemkab) khususnya dinas sosial ,satpol pp membersihkan dari sekarang.Hal itu disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan, Moh. Sahur.

Selain itu, Dewan juga meminta Dinas Sosial untuk melakukan pendataan pengemis yang berasal dari Pamekasan sendiri, sehingga bisa dilakukan pembinaan dan pemberdayaan agar meninggalkan kebiasaannya meminta belas kasihan orang lain untuk mendapatkan uang.

“Jadi,Satpol PP mulai bertindak melakukan penertiban agar jumlah pengemis tidak bertambah banyak. Jangan menunggu bertambah banyak saat masuk bulan Ramadan baru ditertibkan,” kata Sahur, Rabu (3/5/2017).

Pria yang juga menjabat ketua fraksi PPP DPRD Pamekasan ini,  menyampaikan pengemis telah menjadi persoalan yang belum bisa tertangani. Terlebih lagi setiap bulan Ramadan tiba, jumlahnya lebih banyak dari hari-hari biasanya.

keberadaan pengemis mengesankan Kota Pamekasan kumuh dan kerap menggangu ketertiban umum. Untuk itu, perlu langkah cepat dari pemkab agar sebelum masuk bulan Ramadan pengemis yang ada sudah mulai ditertibkan, agar menjadi pelajaran bagi pengemis musiman yang sering muncul hanya pada bulan Ramadan saja.

“Penanganan pengemis harus terencana baik rencana jangka pendek dengan pembinaan dan penertiban, kemudian jangka panjang dengan pemberdayaan masyrakat. Karena untuk mengubah perilaku pengemis harus secara bertahap,” pungkasnya. (rhm/shb)