HEADLINEKESEHATANPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Jelang Hari Raya Kurban Penyakit Ternak LSD Mengancam

Kabid Keswan Ali Makki

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Pada Lebaran Idul Kurban tahun lalu Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) mewabah dan saat ini mulai melandai, saat ini menjelang lebaran  Kurban tahun 2023 ini mulai muncul penyakit ternak lainnya yaitu  infeksi kulit atau Lumpy Skin Disease (LSD) dan mengancam hewan ternak di kabupaten Bangkalan, ” Info terakhir ditemukan di  3 kecamatan di Bangkalan yaitu di Kecamatan Burneh 1 kasus, Galis 1 kasus, dan kecamatan Labang 1 kasus, “kata Kepala Dinas Peternakan kabupaten Bangkalan, Ahmad Hafid melalui Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Ali Makki, Senin (22/05/2023).

Dikatakan dia, Untuk penyakit LSD ini bukan prioritas, namu  pihaknya tetap akan memantau,. “Kami lebih fokus kepada penyakit PMK  dengan pemberian vaksin dan yang lainnya, untuk penyakit LSD ini menyasar hewan ternak berupa sapi, namun ini  kami anggap belum menjadi prioritas utama, ” jelas Ali panggilan akrabnya Kabid Keswan Disnak Bangkalan ini.

Kenapa LSD ini bukan merupakan prioritas utama?  kata Ali, karena berdasarkan instruksi pemerintah lebih memfokuskan penanganan penyakit mulut dan kuku untuk ditangani. “Tapi ada vaksin untuk antisipasi LSD dan  vaksinnya itu masyarakat harus membeli, ” tuturnya.

Ditambahkan Ali,Jika warga menemukan penyakit pada hewan ternak silahkan langsung melaporkan, “Kami mengintruksikan kepada para peternak jika ada temuan kasus segera melapor ke dinas terkait agar dapat ditangani oleh tim dokter hewan untuk diberikan pengobatan lebih lanjut,” katanya

Kabid Keswan Disnak Bangkalan menghimbau kepada pemilik ternak untuk menjaga hewan terutama kebersihan kandangnya. “Kami mengimbau kepada peternak dan pedagang untuk selalu menjaga kebersihan kandang ternaknya,Dengan melakukan penyemprotan disinfektan agar  steril dari kuman dan nyamuk, ” pungkasnya (edi/shb)