Jelang PPDB Sejumlah SMKN Di Bangkalan Sudah Mulai Lakukan Persiapan

SMKN-1 Bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Menjelang Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), sejumlah SMKN di kabupaten Bangkalan telah melakukan persiapan. “Terkait dengan pelaksanaan PPDB ini kami sudah memasang Baliho,” kata Kepala SMKN-1 Bangkalan, Qurrotulainy. ST, MPd, Rabu (27/05/2020).

Terkait dengan pelaksanaan PPDB ini kata dia, SMKN-1 Bangkalan belum menerima petunjuk tehnis (juknis) dari Cabang dinas Pendidikan wilayah kabupaten Bangkalan. “Informasinya itu PPDB akan dilaksanakan tanggal 8 juni, namun sampai saat ini secara resmi kami belum menerima Juknis-nya,”  jelas Qur sapaan akrabnya Kepala SMKN-1 Bangkalan ini.

Meskipun demikian kata Qur, SMKN-1 Bangkalan telah melakukan sejumlah persiapan terkait pelaksanaan PPDB ini. “PPDB ini kan dilaksanakan secara online, jadi semua perangkat sudah kami siapkan,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala SMKN-2 Bangkalan, Nur Hazizah, menurutnya SMKN-2 Bangkalan sudah melakukan persiapan untuk pelaksanaan PPDB.  “PPDB ini sesuai dengan petunjuknya pelaksanaanya dilakukan secara  online,” terangnya.

Dijelaskan dia, untuk PPDB ini, SMKN-2 Bangkalan saat ini tengah melakukan pemetaan minat calon siswa yang akan mendaftar ke SMKN-2 Bangkalan. “Sekarang kami memetakan peminat-nya anak-anak, dan pemetaan ini juga kami lakukan secara online,”tutur Nur Hazizah.

Selian itu kata Nur Hazizah, karena PPDB ini dilaksanakan di masa wabah virus Corona, maka SMKN-2 bangkalan telah menyiapkan pencegahan penularan virus Corona (Covid-19). “Teman teman di SMKN-2 Bangkalan juga menyiapkan proktokol kesehatan, kuatirnya menjaga-jaga ada orang luar yang bertanya-tanya ke sekolah,” katanya.

Terpisah Kepala  Cabang Dinas Pendidikan wilayah Bangkalan, Sunarto melalui Kasi SMK, Nahtim M Kasi menjelaskan pada PPDB tahun ini pihaknya akan menerapkan 6 jalur. Ke-6 jalur itu adalah jalur Affirmasi, jalur Zonasi, jalur reguler, jalur per;indahan orang tua, jalur prestasi dan jalur prestasi hasil lomba. “Setiap jalur ada prosentasenya,  untuk jalur afiirmasi 15 persen, jalur Zonasi 50 persen, jalur Reguler 75 persen, jalur perpindahan orang tua 5 persen, jalur prestasi 5 persen dan jalur prestasi hasil lomba 5 persen,” jelas Nahtim.

Kasi SMK Cabdin Pendidikan wilayah Bangkalan ini mengharapkan, agar semua sekolah dalam PPDB berlaku jujur dan adil. “Harapan kami pihak sekolah jujur dan berkeadilan serta dilarang memungut apapun,” pungkasnya. (hib/shb).