HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Jelang Romadhan, Anggota DPD RI Sidak Harga Sembako

image

 

Bangkalan,maduranewmedia.com-Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Achmad Nawardi melakukan sidak harga-hargas embilan bahan pokok (sembako) di pasar Tradisional Ki Lemah Duwur (KLD) kabupaten Bangkalan. Dari hasil yang yang dilakukan anggota DPD dapil Jawa timur ini menemukan sejumlah harga sembako yang mengalami kenaikan. “Informasi yang saya terima dari pedagang, harga bawang putih dan bawang merah melonjak naik,” kata Achmad Nawardi usai sidak di pasar KLD, Rabu (11/05).

Selain bawang putih dan bawang merah, kenaikan harga lainnya juga terjadi pada daging ayam dan  daging sapi. “Daging ayam ini naik dari harga Rp 16 ribu menjadi Rp 17 ribu sedangkan harga daging sapi dari Rp 100 ribu naik menjadi 105 ribu,” jelasnya.

Dijelaskan Nawardi adanya kenaikan harga sembako ini membuat dirinya heran, selain bulan Romadhan masih lama, Ia juga melihat stok barang tersebut masih banyak. “Saya kemain sidak ke Ngawi dan Nganjuk stok masih banyak dan pasokan lancar, makanya say aheran kenaikan harga ini kayakny atidak rasional,” terangnya.

Nawardi mensinyalir adanya kenaikan harga-harga barang yang tidak rasional itu, ada permainan ditingkat distributor. “Saat ini Stok masih banyak pasokan lancar, lalu tiba-tiba terjadi lonjakan harga, ini ada permainan di tingkat Distributor,” katanya.

Makanya Nawardi, memint akepada Kementrian Pertanian untuk melakukan sidak langsung ke pasar menjelang bulan suci Romadhan, selain itu anggota DPR RI ini jug ameminta kepada Kementrian Perdagangan untuk mengendali harga barang menjelang bulan Romadhan denagn cara melakukan operasi pasar. “Kalau du akementrianini tidak cepat bergerak, kami kuatir kenaikan harga mendekati bulan romadhan nanti semakin tajam, kasihan masyrakat juga yang menjadi korban,” tuiturnya.

Salah seorang pedagang pasar KLD bangkalan, Hj Saleho mengaku senang dengan adanya sidak yang dilakukan oleh anggota DPD RI itu. Dia berharap dengan adanya sidak itym harga-harga barang menjelang bulan suci Romadhan tetrap stabil. ”Kmai harap harga barang stabil , masak tadimalam harga Bawang Merah Rp 30 ribu sekarang sudah naik menjadi rp 32 ribu,” pungkanya. (hib/shn)