Jelang Romadhan Harga Sejumlah Komoditas Di Bangkalan  Mulai Merangkak Naik

Bangkalan, maduranewsmedia.com – Menjelang bulan suci Romadhan, harga sejumlah komoditas di pasar tradisional di kabupaten Bangkalan mulai merangkak naik. Harga Komoditas yang mulai naik itu antara telur, gula pasir dan cabe rawit. “Ada beberapa harga barang kebutuhan rumah tangga menjelang bulan puasa mengalami kenaikan, ” kata Kabid Usaha Perdagangan, Dinas Perdagangan kabupaten Bangkalan, Delly Septiana. Rabu (23/03/2022).

Harga Komoditas kebutuhan rumah tangga yang mengalami antara lain : telor dari harga Rp 22 ribu/kg naik menjadi  Rp 24 ribu/kg,
Gula  pasir dari harga Rp 12 500/kg naik  Rp  14 ribu/kg, cabe rawit dari harga Rp 45 ribu/kg naik menjadi Rp 50 ribu/kg dan cabe besar dari Rp 30 ribu/kg naik 45 ribu/kg.”Harganya memang naik tapi stok aman, ” jelas Delly sapaan akrabnya Kabid Usaha Perdagangan Disdag Bangkalan ini.

Dijelaskan Delly, adanya kenaikan harga barang seperti cabe Rawit dan cabe besar ini disebabkan adanya petani cabe yang gagal panen karena cuaca buruk. “Karena cuaca yang kurang baik  banyak petani yang gagal panen, ini salah satu penyebab adanya kenaikan harga, ” terangnya.

Meskipun terjadi kenaikan harga, pihaknya yakin tidak sampai terjadi kelangkaan barang. “Dari pemantauan yang kami lakukan setiap hari hanya terjadi kenaikan harga dan belum terjadi kelangkaan, ” tuturnya.

Ditambahkan Delly, pihaknya setiap hari menerjunkan tim untuk melakukan pantauan harga barabg ke pasar pasar tradisional yang ada di kabupaten Bangkalan. “Hasil pantauan harga ini langsung dilaporkan ke aplikasi siska Perbapo aplikasinya milik propinsi jatim dan itu kami lakukan setiap hari sehingga tidak ada libur, ” Pungkasnya. (min/shb)