HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Jembatan Penghubung Desa Sumber Waru Ambles  

meski ambles anak-anak TK tetap nekat melintasi jembatan in
meski ambles anak-anak TK tetap nekat melintasi jembatan in

Pamekasan, maduranewsmedia.com– Sebuah jembatan di Dusun Pao Laseng, Desa Sumber Waru, Kecamatan Waru, kabupaten Pamekasan amblas. Jembatan yang ambles itu  merupakan satu-satunya penghubung antara Desa Sumber Waru dengan desa sebelahnya. Kamis (13/10/2016).

Meski kondisinya membahayakan anak anak sekolah TK tetap melewatinya karena tidak ada jalan lain selain melalui jembatan itu untuk sampai ke kampung mereka.

Santi siswa TK warga setempat mengatakan terpaksa harus lewat jembatan ini meski membahayakan. “Kami mengharap kepada pihak terkait agar secepatnya jembatan ini di perbaiki,” kata Santi.

Mushalli, warga Dusun Pao Laseng menjelaskan, amblasnya jembatan tersebut disebabkan terkikis fondasi jembatan oleh banjir setelah terjadi hujan deras selama empat hari. Bahkan air sungai sampai melampaui bagian atas jembatan. “Tebing jembatan sudah tidak kuat karena setiap hari terkikis air sehingga jembatannya amblas,” kata Mushalli kepada maduranewsmedia.com

Akibat kejadian ini, warga yang hendak menuju desa sebelah, harus mencari jalan alternatif yang jaraknya hingga 4 kilometer. “Kalau motor atau mobil tidak bisa nyebrang. Tapi kalau pejalan kaki, termasuk anak-anak sekolah, masih bisa nyebrang tapi harus turun ke sungai dulu,” imbuhnya.

Menurut Mushalli, perbaikan jembatan tersebut cukup mendesak. Namun yang lebih mendesak lagi, jembatan alternatif khusus pejalan kaki. Misalnya dibuatkan jembatan dari bambu terlebih dahulu.  “Kalau air sungai kecil dan tidak ada hujan deras, warga masih bisa nyebrang sungai. Tapi kalau sudah air sungai meluap, maka warga tidak bisa nyebrang,” ungkapnya. (rhm/shb)