Kadinkes Bangkalan Pantau Kesiapan Petugas Medis Di Tiga Pos PAM Lebaran

Kadinkes Bangkalan, H Sudiyo saat berada di Pos Pam lebaran

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan, H. Sudiyo melakukan pemantauan tiga Pos Pengamanan Lebaran (pos Pam) di tiga lokasi. Ketiga Pos pam itu antara  lain Pos Pam di pelabuhan Kamal, Pos Pam di dalam kota Bangkalan dan Pos Pam di jalan akses Suramadu. “Kita sudah melakukan pemantauan dan pengecekan di pos pam itu,” kata Yoyok sapaan akrabnya Kadinkes Bangkalan, H Sudiyo Kamis (21/5/2020).

Dikatakan dia, pemantuan ini dilakukan untuk mengecek kesiapan para petugas medis yang ditugaskan oleh Dinkes Bangkalan di Pos Pam tersebut. “Kita mengecek sarana dan prasana kesehatan yang ada di pos itu termasuk ketersediaan alat pelindung diri. Alhadulillah dari hasil pemantauan yang kami lakukan semua peralatan sudah lengkap,” jelas Yoyok.

Dijelaskan Yoyok, sampai saat ini untuk kebutuhan peralatan medis di Kabupaten Bangkalan sudah mencukupi, peralatan medis tersebut merupakan bantuan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dari Lembaga Sosial Masyarakat (LSM), serta dari penyediaan mandiri yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan..

Ditambahkan Yoyok,  untuk petugas dari dinkes bangkalan yang ditugaskan di pos pam itu  terdiri dari 5 orang petugas dari Puskesmas dan 6 petugas dari Dinas Kesehatan kabupaten  Bangkalan. “Untuk petugas medis yang dari Puskesmas memerikas suhu tubuh para pengendara roda dua, sedangkan petugas dari dinkes melakukan pemeriksaan suhu tubuh pengedara roda 4, bisa juga tugasnya bergantian,” terangnya.

Selain memberikan pelayanan kesehatan di pos pam, Dinkes Bangkalan juga akan terus memberikan pelayanan  di 22 Puskesmas yang ada di Kabupaten Bangkalan. “Meskipun lebaran, namun  seluruh Puskesmas di Kabupaten Bangkalan akan terus standby selama 24 jam. Baik itu UGD, rawat inap, PONED (Pelayanan Obstetri Neonatus Essensial Dasar), dan rekam medis,” pungkasnya. (hib/shb)