HEADLINEOLAH RAGAPERISTIWATERKINI

Kalah 0-2 Dari Pesrsipura Jayapura, Madura United Tergeser Ke Peringkat Ketiga Puncak Llasmen Sementara  

MU vs Persipura jayapura
MU vs Persipura jayapura

Pamekasan, maduranewsmedia.com – Madura United FC tidak hanya gagal meraih poin, tetapi posisinya juga melorot ke peringkat tiga setelah dikalahkan Persipura Jayapura.sabtu (26/11/2016) sore.

Posisi Madura United digantikan Persipura jayapura di posisi kedua atau di bawah arema klasemen sementara dengan tambahan tiga dan mengumpulkan 56 poin. Sementara madura united mengumpulkan 55 poin dan di geser e peringkat ketiga.

Bermain di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (26/11/2016) dalam laga lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) pekan ke-30, Laskar Sape Kerrab takluk dengan skor 2-0. Gol kemenangan Persipura dicetak, Ricardo Silva dan Edward Junior Wilson.

Peluang pertama Persipura didapat melalui tendangan pojok Ricardo Silva di menit ke-3. Tendangan pojok Ricardo Silva melengkung tajam ke arah gawang Madura United. Beruntung Herry Prasetyo mampu membaca arah bola.

Empat menit kemudian, M Tahir mencoba melepaskan tendangan spekulasi, tapi berhasil diamankan Herry Prasetyo setelah bola membentur salah satu pemain Madura United.

Di menit ke-15, Madura United membalas peluang tim tuan rumah. Ahmad Maulana yang berdiri bebas melepaskan tendangan dan bola melambung tinggi dari gawang Persipura yang dijaga Yoo Jae Hoon.

Di menit ke-22, Persipura mendapat hadiah penalti. Ricardo Silva sukses merobek gawang Madura United meskipun laju bola sudah terbaca Herry Prasetyo. Penalti diberikan setelah Gilang Ginarsa menjatuhkan pemain Persipura di kotak terlarang.

Madura United nyaris menyamakan kedudukan. Andai tandukkan Patrich Wanggai meneruskan umpan Dane Milovanovic gagal diamankan Yoo Jae Hoo dua menit setelah terjadinya gol penalti Persipura.

Tekanan tim tamu terus berlanjut di menit ke-30. Engelberd Sani membuka peluang bagi Madura United. Sayang bola hasil sepakannya masih jatuh tepat ke pelukan kiper Persipura. Tendangan bebas Dane Milovanovic di menit ke-34 juga mampu diblok Yoo Jae Hoon.

Dominasi Madura United tidak berhenti. Di menit ke-37, Elthon Maran mengirim umpan terukur ke depan gawang Persipura yang sudah kosong. Wanggai yang menyambut bola tidak bisa menyelesaikan dengan baik. Bola hasil tandukkannya masih membentur tiang gawang.

Sebelum turun minum, peluang emas kembali didapat Madura United. Sundulan Dane Milovanovic dari tendangan bebas Erick Weeks masih dihalau Ricardo Salampessy di depan gawang di menit ke-40. Hingga jeda, Persipura masih unggul 1-0.

Di babak kedua, Madura United terus membangun serangan untuk mencari gol penyama. Namun hingga menit ke-55 tidak ada satu pun peluang yang membahayakan gawang Persipura.

Kesempatan Madura United untuk mengejar ketertinggalan terjadi di menit ke-56. Hanya, tendangan bebas yang dilakukan Dane Milovanovic juga belum menemui sasaran.

Di menit ke-37, Yohanes Pahabol mengancam gawang gawang Madura United. Tapi bola yang disepak ke arah gawang Madura United untuk menggandakan keunggulan bagi Persipura masih melambung tinggi.

Tim tamu mendapat dua peluang emas melalui bola mati tapi belum bisa dikonversikan menjadi gol. Baik melalui Wanggai di menit ke- 64 dan peluang Fabiano di menit ke-68. Yoo Jae Hoon melakukan pemyelamatan penting atas kedua peluang tersebut.

Osvaldo Hayy sebelum digantikan Lukas Mandowen di menit ke-70 nyaris menggetarkan jala gawang Madura United. Tapi Herry Prasetyo menepis sepakan Osvaldo Haay meski sempat membentur tiang gawang.

Persipura menggandakan keunggulan di menit ke-70. Edward Junior Wilson yang tak terkawal di depan gawang tim tam dengan mudah mengecoh kiper Herry Prasetyo. Kedudukan pun berubah menjadi 2-0.

Sebenarnya, Madura United bisa memperkecil ketertinggalan di sisa 3 menit waktu normal, tepatnya di menit ke-87. Madura United mendapat peluang terbaik setelah diberikan hadiah tendangan bebas di dalam kotak penalti.

Tapi, banyak pemain persipura yang menumpuk di depan gawang membuat Dane Milovanovic melepaskan tendangan kerasnya. Dua kali Dane Milovanovic menyepak bola dengan keras. Tapi usahanya belum bisa merubah kedudukan. Hingga babak kedua usai, skor tetap 2-0 untuk kemenangan Mutiara Hitam. (rhm/shb)