HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Kartar Bangkalan Tingkatkan Kapasitas Kardes

Karang Taruna Bangkalan

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Untuk memantapkan dan meningkatkan kapasitas karang taruna desa (Kardes), karang Taruna Bangkalan (Kartar) memberikan bimtek kepada karang taruna yang ada di desa se- kecamatan Bangkalan. “Tujuan dari kegiatan ini untuk melatih keorganisasian karang taruna desa agar  lebih aktif dalam membangun kemaslahatan. materi yang kita berikan sebagai bekal kedepannya agar Kardes lebih maju dan jaya di setiap desa yang ada karang taruna-nya,” kata ketua karang taruna Bangkalan, Achmad Fatoni di aula kantor dinas Sosial Bangkalan, Sabtu (26/11/2022).

Dikatakan dia, keberadaan Kardes diharapkan bisa membantu tugas pemerintahan desa yang dijadikan patokan untuk memajukan rakyat agar desa makmur sentosa  “Kardes ini sebagai salah satu pilar sosial sekaligus mitra pemerintah desa (Pemdes) dalam mewujudkan kemajuan desa, makanya harus mampu mengambil peran, Orang-orang yang tidak mampu di desa ini menjadi tugas utama yang harus dirangkul oleh teman-teman Karang Taruna desa,,” jelasnya.

Dijelaskan dia, Kardes bisa ikut melakukan pengawasan  program pembangunan yang ada di desa. “Untuk dana karang taruna desa, kita bisa bekerja sama dengan kepala desa, kenapa ? karena  karang taruna desa merupakan mitra strategis pemerintahan desa  dalam menjalankan program-program yang ada di desa tersebut, jadi Kardes dan pemerintahan desa bisa jalan bareng,” terangnya.

Ditambahkan dia, sebelumnya Karang Taruna Bangkalan membuat  link pendaftaran untuk  karang taruna desa dan telah disebarkan melalui sosmed dan istagram. “Alhamdulillah  karang taruna desa banyak yang hadir  perwakilan karang taruna deda se kecamatan Bangkalan dan yang mendaftarkan kurang lebih 50 karang taruna desa dari perwakilan berapa desa yang ada di bangkalan,”tuturnya

Ketua Karang Taruna Bangkalan, Ahmad mengharapkan kedepannya  karang taruna desa lebih aktif dan kompak. “Kami mengharapkan kepada karang taruna desa yang telah diberi pembinaan bisa berkiprah di desa masing-masing dan semakin solid, ” pungkasnya. (edi/shb)