Kemenag Bangkalan Mulai Lakukan Persiapan Pelaksanaan Ibadah Haji Tahun 2022

Kasi Penyelenggaraan haji dan Umroh, Wafir

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Meskipun belum ada kepastian pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 dari pemerintah pusat, namun Kantor Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten Bangkalan telah melakukan sejumlah persiapan untuk pelaksanaan ibadah haji tahun 2022. “Didalam menunggu kepastian apakah ada pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 ini, namun Kita sudah melakukan persiapan dokumen calon jema,ah haji dan pemeriksaan kesehatan,” kata Kasi haji dan Umroh Kemenag Bangkalan, Wafir, Senin (28/03/2022).    

Dikatakan Dia, persiapan pelaksanaan haji tahun 2022 ini dilakukan, karena ada pemintaan dari Kanwil Kemenag Jawa Timur. “Dokumen haji seperti scan pasport calon jema,ah ini diminta oleh Kanwil Kemenag Jatim, makanya kita melakukan persiapan-persiapan itu,” jelasnya.

Dijelaskan Wafir, jika persiapan pelaksanaan haji tahun 2022 telah dilakukan, maka ketika ada kepastian dari Pemerintah pusat dan pemerintah Arab Saudi pihaknya sudah bisa langsung menyerahkan persyaratan persyaratan calon jema,ah haji. “Memang sampai saat ini kita masih menunggu dan kita diminta untuk melakukan penyetoran dokumen,” terangnya.

sementara untuk kuota calon jema,ah haji tetap mengancu kepada kuota pelaksanaan ibadah haji tahun tahun sebelumnya. “Kalau untuk Insonesia kuotanya 221 ribu dan untuk kabupaten Bangkalan kuotanya 724 CJH  yang sudah lunas dan batal tunda pada tahun 2020,” tuturnya.

Kasi haji dan Umroh Kemenag Bangkalan mengharapkan semoga segera ada kepastian dari pemerintah pusat dan Pemerntah Arab saudi terkait pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 ini. “Ya kita bergarap dalam waktu dekat ini ada kepastian,” pungkas Wafir. (min/shb)