Kendalikan Sampah Rumah Tangga, DLH Bangkalan Bangun TPS3R

Salah satu aktifitas pengelola TPS3R di Kelurahan Kemayoran Bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Volume sampah di kabupaten Bangkalan setiap terus meningkat, untuk mengendalikan volume sampah, khususnya sampah rumah tangga, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Bangkalan membangun Tempat Pengelolaan sampah, Reuse, Reduce dan Recycle (TPS3R) atau Mengurangi, Menggunakan, daur ulang.. “Pembangunan TPS3R ini dalam rangka pengendalian sampah khususnya sampah rumah tangga,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkalan, Anang Yulianto Hari Purnomo AP, MM, Kamis (24/09/2020)

Dikatakan dia, melalui program TPS3R ini, para pengelola menjemput sampah dari tiap-tiap rumah, kemudian melakukan pemilihan sampah dan pengelolaan sampah agar supaya memiliki nilai ekonomi.”Dengan TPS3R ini  bagimana lebih mendorong kembali pemberdayaan ekonomi masyrakat, lebih lebih dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini,”jelas Anang sapaan akrabnya Kadis LH Bangkalan ini.

Dijelaskan Anang, cdengan TPS3R ini juga diharpakan dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat “Dalam TPS3 R kita fasilitasi di sisi pendanaanya, nanti disitu bekerja sama dengan kelompok swadaya masyarakat, merelah yang melaksanakan kegiatan pembangunan dengan sistem padat karya, masyarakat setempat yang bekerja. setelah bangunan itu selesai mereka yang mengelola tempat itu, termasuk mereka juga yang memungut retribusi jasa pelayanan persampahan dilingkungan TPS3R itu,” terangnya.

Disisi lain kata Anang, dengan TPS3R ini diharapkan masyarakat lebih berdaya, bisa mreningkatkan taraf hidup maupun derajat ;penghasilan warga setempat serta juga bisa dijadikan ajang kreatif. “Karena dalam kegiatan TPS3R itu tidak menutup kemungkinan bisa muncul kreasi kreasi baru dari pengelola TPS3R itu untuk bisa menciptakan pola daur ulang sampah menjadi barang barang yang bisa memiliki nilai ekonomi,” terangnya.      

Saat ini imbuhnya, di kabupaten Bangkalan baru 1 TPS3R yang telah beroperasi. “Untuk TPS3R  di bangkalan yang sudah beroperasi baru satu yaitu TPS3R di Kelurahan Kemayoran, dan ada 1 TPS3R mandiri di ponpes Nurul Cholil.  sementara pada tahun 2019 ini kita sedang melaksanakan kegiatan pembangunan TPS3R sebanyak 6 titik, di TPS3R di Kelurahan Mlajah TPS3R di Kelurahan Bancaran, TPS3R di kelurahan Pajagan, TPS3R di Kelurahan Pangeranan, TPS3R di kelurahan Tonjung Burneh di  dan TPS3R di Desa Martajesah,” pungkasnya. (hib/shb).