Kurangi Polusi Udara Di Jalan Akses Suramadu, Kodim 0829/Bangkalan Tanam Ribuan Bibit Pohon

Dandim 0829/Bangkalan, Letkol Kav Ari Setyawan Wibowo, S.Sos

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Untuk mengurangi polusi udara di kawasan jalan akses Suramadu, Kodim 0829/Bangkalan melakukan penanaman bibit pohon Mahoni di jalan Nasional tersebut. “Total bibit pohon yang kita tanam 3.855 bibit pohon, 1.000 bibit pohon kita tanam di sepanjang jalan akses Suramadu ini,” kata Dandim 0829/Bangkalan, Letkol Kav Ari Setyawan Wibowo, S.Sos disela-sela acara penanaman pohon serentak, Rabu (22/01/2020).

Dikatakan penanaman pohon serentak ini merupakan salah satu program dari pemerintah Propinsi jatim yang dikerjasamakan oleh Kodam V/Brawijaya. “Untuk di wilayah kabupaten bangkalan dilaksanakan oleh Kodim 0829/bangkalan dengan melibatkan semua komponen, mulai dari TNI, Kodim, Subgar, Sub Denpom, Lanal, Polri dan Pemda serta anak anak sekolah, seluruh komponen kita libatkan dalam kegiatan ini,” jelas Ari panggilan akrabnya Dandim 0829/Bangkalan ini.

Dijelaskan Ari, selain di jalan akses Suramadu, penanaman bibit pohon ini juga dilakukan di 9 wilayah kecamatan di kabupaten Bangkalan. Ke-9 kecamatan itu antara lain ; kecamatan Labang, Burneh, Arosbaya dan kecamatan Blega. “Penanaman pohon ini wujud nyata pemerintah terhadap pelestarian lingkungan. Bibit pohon yang kita tanam ini adalah pohon Mahoni, jenis pohon ini sangta baik untuk penyaringan udara. Diharapkan dengan penanaman pohon ini sebagai penyaring dan mengurangi polusi sehingga kabupaten bangkalan bisa menjadi paru-paru di Jawa Timur bahkan paru-paru dunia,” terangnya.    .

Orang nomer satu di jajaran Kodim 0829/Bangkalan ini meminta agar supaya bibit pohon yang telah ditanam dijaga bersama-sama. “Mari kita sama sama menjaga bibit pohon yang telah kita ini, jangan hanya tanam saja tapi ngak menjaganya. Sebab saya mengevaluasi kegiatan-kegiatan tanam pohon sebelumnya, setelah kita tanam tidak mau menjaganya. Makanya saya harap seluruh yang hadir dalam kegiatan penanaman ini, mari pohon yang telah kit tanam ini kita jaga dan kita rawat,”

Sementara itu, Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron, menyatakan, kegiatan penanaman pohon di jalan akses Suramadu sangat tepat sekali. “Kemarin waktu terjadi puting Beliung pohon-pohon yang ada di kawasan jalan akses ini banyak yang tumbang, jadi saya nilai kegiatan ini sangat tepat sekali,” kata Ra Latif sapaan akrabnya Bupati Bangkalan ini.

Disamping itu kata Ra Latif, kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh Kodim 0829/Bangkalan ini sebagai bentuk kecintaan terhadap kelestarian lingkungan. “Apalagi dalam penanaman ini melibatkan pelajar sehingga bisa memberikan pelajaran kepada mereka bagaimana mencintai lingkungan,” jelasnya.

Ditambahkan Ra Latif, dengan adanya kegiatan penanaman bibit pohon di kawasan jalan akses Suramadu ini bisa mengurangi polusi udara. “Dengan kegiatan ini diharapkan membuat wilayah kabupaten Bangkalan semakin hijau dan ini  bentuk penanggulangan polusi udara,” pungkasnya.(hib/shb).