Lawan Aksi Terorisme Polres Bangkalan Deklarasi Bersama FKUB

Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Paludi Tambunan saat menanda tangani

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Tokoh masyarakat  tokoh agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Bergama kabupaten bangkalan mendeklarasikan melawan aksi terorisme. Deklarasi tersebut dilakukan untuk mewujudkan situasi aman dan kondusif di kabupaten Bangkalan. “Deklarasi ini langkah nyata untuk mengantisipasi terkait teror bom yang terjadi di Surabaya,” kata Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Paludin Tambunan dalam acara deklarasi pernyataan sikap melawan aksi terorisme dalam rangka mewujudkan situasi aman dan kondusif di kabupaten bangkalan, Rabu (16/5/2018).

Dikatakan dia, teror bom yang terjadi di Surabaya tersebut merupakan ujian bagi masyarakat. “Teror bom ini ujian yang cukup berat, tidak hanya bangi anggota Polri saja, namun bagi semua elemen masyarakat. Memang awal teror bom ini berangkat dari mako Brimob kelapa dua jakarta,” terang Boby panggilan akrabnya Kapolres Bangkalan ini.

Dijelaskan dia, dalam kasus teror bom yang terjadi di Surabaya ini, Kapolri memerintahkan kepada seluruh jajaran untuk mengantisipasi adanya aksi teror bom tersebut. “Parabteroris saat pulang ke daerahnya masing-masing mdereka melakukan amaliyah di daerah masing masing sehingga   terjadi bom,  di 3 Greja di Surabaya di  rusunawa sidoarjo serta di :Polwiltabes Surabaya,” jelasnya.

Ditambahkan Boby, terorisme ini berkembang ham;pirn disemua daerah di Indonesia. “Teroris ini ada dan berkembang di masyarakat.di Indonesia hanya 2 daerah yang tidak terrdeksi,  yaitu di Papua dan NTT, kalau  di bangkakan ini di mungkinkan ada  teroris pendukung gerakan ISIS,” katanya.

Penanganan teroris ini kata Boby, tidak hanya hanya diserahkan kepada aparat kepolisian saja, akan tetapi  seluruh elemen masyarakat bersama-sama untuk mengantisipasi terjadinya teror. “Makanya kita akan menghidupkan kembali siskamling. Siskamling ini  dulu sangat efektif,  mungkin karena kesibukan masyarakat sehingga sekarang terbengkalai,” ujarnya

Untuk membatasi gerak gteroris di kabupaten, bangkalan, pihaknya telah melakukan razia di jalan Akses hingga ke derah perbatasan “Razia  yang kami lakukan ini untuk mempersempit gerak langkah teroris,” katanya.

Sementara itu, Pj Bupati bangkalan,  Indra S Ranuh, sangat mengapresiasai apa yang dilakukan oleh Kapolres Bangkalan tersebut. “Saya sangat bererima kasih dan mengapresiasi kepada polres bangkalan yang membuat kondisi aman,” terangnya.

Pj Bupati Bangkalan tersebut mengharapkan agar supaya tokoh masyrakat dan tokoh agama bisa mendinginkan suasana. “Saya harap tokoh agama di bangkalan,  bisa mendinginkan  kepada masyarakat.  Tidak perlu mencari kesalahan.  Mari kita mengajak semua masyarakat bersama sama,  bisa menyejukkan umatnya masing masing,” pungkasnya. (hib/shb)

iklan 100x100