HEADLINEKESEHATANPERISTIWATERKINI

Lebaran Qurban Ditengah Wabah PMK Peternak Sapi Di Bangkalan Jual Hewan Qurban  Secara Online

Sapi siap diantar ke pemesan

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Wabah penyakit mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak  menjelang  hari raya Idul Adha tahun ini masih belum reda. Karena adanya wabah PMK itu,  sejumlah peternak di kabupaten  bangkalan pada lebaran Qurban tahu  menjual hewan ternaknya dari rumah, secara online. “Kita memilih menjual lewat online dari pada dijual ke pasar hewan,takutnya nanti kalau kita jual ke pasar  sapi kita akan terkena wabah PMK,” Kata Pedagang ternak Bangkalan Rohim, Jum’at (08/07/2022).

Dikatakan dia, sistem penjualan online ini dilakukan untuk mencegah penularan virus PMK yang saat ini tengah mewabah. “Kita menawarkan dengan cara mengirim foto sapi dan taksiran berat ke calon pembeli, jadi jualnya kita harus ke pasar hewan, ” jelas Rohim

Biasa nya kata Rohim dulu sebelum ada wabah PMK memang dirinya menjual hewan ternak ke pasar hewan. “Karena sekarang lagi ada wabah PMK akan tetapi kami tidak menjual sapi ke pasar  takut nya hewan ternak kita terjangkit virus PMK, dan kalau penjualan online laku, kami masih urus SKKH sebagai syarat pengiriman sapi sebagai jaminan kesehatan dari dinas Peternakan, * terangnya.

Dijelaskan Rohim, apalagi sekarang ada vaksinasi hewan ternak pihaknya haris  mengikuti ajuran pemerintah itu,”Sebelum dijual belikan ternak kami disuntik vaksin dan kami selaku  pedagang  memperhatikan betul kebersihannya (sapi), dua kali sehari, diberi vitamin, obat cacing, suplemen, sampai ramuan tradisional yang kami berikan. Untuk harga ternak sapi kita jual Rp 20 juta,” tuturnya.

Rohim juga menyiapkan armada untuk mengantarkan hewan ternak yang laku ke pemesannya. “Kami juga melayani pembelian langsung di kandang, ” pungkas Rohim. (edi/shb)