HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Lestarikan Budaya Disbudpar Bangkalan Gelar Lomba Pidato Bahasa Madura

peserta lomba

Bangkalan,maduranewsmedia.com – melestarikan budaya dan adat istiadat Madura, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kabupaten Bangkalan menggelar lomba pidato bahasa Madura dan mendongeng cerita rakyat. “Kami mengadakan beberapa lomba sejak kemarin lomba pidato bahasa Madura tingkat SMP,D? Dan hari ini lomba mendongeng cerita rakyat tingkat TK sampai SD,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten bangkalan, Moh. Hasan Faisol disela-sela lomba  di depan gedung Museum Cakraningrat, Selasa (31/05/2022).

Dikatakan dia, sejak pandemi Covid-19  semua perlombaan ditiadakan, dan sekarang setalah Covid 19 melandai Disbudpar mulai mengadakan lomba. “Seluruh Sekolah mulai dari TK, SD hingga SMP sangat antusias mengikuti perlombaan yang di adakan kami, setiap sekolah mengirim pesertanya untuk mengikuti lomba mulai dari pidato bahasa Madura sampai  mendongeng cerita rakyat,” jelas Faisol sapaan akrabnya Kadisbudpar Bangkalan ini.

Untuk lomba mendongeng cerita rakyat ini pesertanya dari tingkat TK sampai SD “Dongeng cerita rakyat yang ada di kabupaten Bangkalan yang kita lombakan. Alhamdulilah  para peserta lomba tingkat TK dan SMP ini sangat antusias dan saya juga kaget ternyata para peserta sudah melakukan persiapan yang cukup mantang,sehingga  pada saat membawahkan cerita mereka penuh emosi dan penghayatan begitu bagus,” terangnya.

Dijelaskan Faisol, perlombaan mendongeng cerita rakyat  tujuannya untuk melestarikan budaya. “Biar bisa melestarikan adat Madura khususnya Bangkalan sendiri, yakni bahasa Madura kebudayaan daerah kebiasaan daerah, cerita, sejarah daerah  dan benda-benda bersejarah yang ada di museum ini, sehingga ketika mereka mengetahui mengenal semuanya maka mereka lebih cinta kepada daerahnya sendiri dan produknya,” tuturnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan mengharapkan agar supaya  pemenang lomba nantinya ada pembinaan secara khusus. “Mudah-mudahan hadiah lomba ini menambah motivasi mereka supaya lebih memperdalam lagi pontensi para siswa,” Pungkas Faisol (edi/shb