HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

LSM Formal Desak Pemkab Segera Lakukan Penertiban PKL Suramadu

PKL Surmadu yang semakin melebar ke Utara

PKL Surmadu yang semakin melebar ke Utara

Bangkalan,Maduranewsmedia.com- Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan jalan akses Suramadu sisi Madura jumlahnya terus bertambah, akibat terus melebarnya PKL tersebut membuat kawasan. Jalan akses suramadu itu semakin kumuh. “Saat ini Penyebaran PKL terus ke Utara sehingga memperlebar area kumuh di sepanjang jalan akses itu,” kata Ketua LSM Forum Masyarakat Labang (Formal), Hai Mulabama, Selasa (12/01/2016)

Dikatakan dia, dengan terus bertambahnya PKL di jalan akses Suramadu itu, pemkab bangkalan harus segera melakukan penataan agar di kawasan tersebut tidak semakin kumuh. “Mau tidak mau di tata dan pemkab harus segera melakukan itu (penataan Red),”Jelas Hai panggilan Ketua LSM Formal itu.

Dijelaskan Hai, jumlah PKL Suramadu yang terdata saat ini sebanyak 405 orang dan jumlah tersebut saat ini terus bertambah. “Jadi jumlahnya PKL bukan 200 seperti yang disebutkan Camat Labang itu, yang sudah terdata ada 405, kalau sekarang jumlah lebih karena PKL terus memperlebar ke arah Utara,” terangnya.

Oleh sebab itu kata Hai Mulabama, para PKL yang ada di jalan akses Suramadu itu segera direlokasi agar di kawasan tersebut tidak semakin kumuh saja. “Mereka harus dilokalisasi, di res area baik PKL yang ada di sisi barat maupun PKL yang ada di sisi timur jalan akses itu,” tuturnya.

Menurut Hai Mulabama untuk merelokasi PKL Suramadu itu tidaklah sulit, sebab di kawasan PKL Suramadu di desa Baengas kecamatan Labang sudah ada lahan seluas 10 Hektar. “Di desa Baengas itu ada lahan seluas 10 hektar, lahan itu katanya disediakan untuk PKL Suramadu, dari luas 10 Hektar itu seluas 6 Hektar sudah dibebaskan dengan menggunakan dana bantuan keuangan dari pemprov Jatim,” tuturnya.

Ditambahkan Hai Mulabama, selain penertiban, Pihaknya juga mendesak agar pemkab juga melakukan pembinaan terhadap PKL Suramadu itu. “Para PKL Suramadu itu rata-rata para pendatang dari luar bangkalan, jadi PKL yang asli penduduk lokal kalah bersaing dengan mereka yang pendatang, padahal barang-barang yang dijual sama, kalau hal ini dibiarkan tidak dilakukan pembinaan dikuatirkan muncul gesekan sesama PKL,”kata Hai

Sementara itu Camat Labang, R Ach Suryadi ketika dikonfirmasi berjanji akan melakukan penataan PKL Suramadu. ”Kita akan segera melakukan penataan dan pendataan PKL di kawsan res area Suramadu itu,” kata R Ach Suryadi singkat, (hib/shb)