HEADLINEMEDURREH ONGGUPERISTIWATERKINI

Melihat Tradisi Maulid Nabi Muhammad Di Kampung Gerdimor Bangkalan

maulid nabi
maulid nabi

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat dalam memeperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. seperti yang dilakukan oleh Masyarakat kampung Gerdimor desa Langkap kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan. Dalam memperingati Maulid nabi Muhammad Saw, masyarakat kampung tersebut mempunyai tradisi memperingati maulid Nabi  Muhammad dengan membaca solawat nabi dari rumah ke rumah. “Tradisi membaca solawat dari ke rumah ini sudah dilakukan sejak puluhan tahun silam, dan diprthankan sampai saat ini,” kata pemuda Kampung Gerdimor Syaiful Islam, Ahad  (11/12/20016)

Di setiap rumah, sohibul hajah berbeda beda menyambut para tentangga yang mau membaca solawat.tapi biasanya tuan rumah menyediakan tumpeng dan buah-buahan,serta makanan ringan yang banyak disukai anak-anak. Karena banyaknya tuan rumah yang menyediakan makanan ringan, anak-anak selalu berebut buah-buahan dan makanan ringan itu.

Di kampung Gerdimor biasanya pembacaan solawat dari rumah ke rumah ini dimulai sejak pukul 13.00. Wib dan berkahir pada pukul 16.30 wib.  Dan warga dikampung tersebut mengikuti acara pembacaan solawat dengan hikmad. Mereka berharap dengan pembacaan solawat nabi dari rumah ke rumah bisa memperoleh syafaat dari Nabi Muhammad Saw. (hib/shb)