HEADLINEPENDIDIKANTERKINI

Menuju Kabupaten Layak Anak, Dinas Pendidikan Bangkalan Gelar Sosialisasi SRA

Sekretaris Disdik Bangkalan, Zainul Qomar saat membuka acara Sosialisasi SRA

Bangkalan,maduranewsmedi.com – Untuk menuju kabupaten layak anak, Dinas pendidikan kabupaten Bangkalan menggelar
Sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA) pada jenjang pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Acara tersebut diikuti oleh 300 lembaga dan di buka oleh Sekretaris Disdik, Zainul Qomar mewakili Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, DR Agus Sugianto Zain,  S.Pd, M. SI. “Saya menyampaikan permohonan maaf dari pak Kadis yang tidak bisa hadir untuk membuka acara ini karena masih ada acara lain, ” kata Sekretaris Disdik Bangkalan, Zainul Qomar saat membuka acara Sosialisasi Sekolah Ramah Anak, PAUD di Aula Disdik Bangkalan, Senin (15/05/2023)

Dikatakan dia, digelarnya sosialisasi Sekolah ramah anak ini, karena sekolah ramah anak ini sangat penting. “Diharapkan dengan adanya Sekolah ramah anak ini nantinya, para murid bisa ramah kepada gurunya, ramah kepada lingkungannya dan ramah kepada masyarakat, ” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Dra Hj Soelistijawati, menjelaskan, Sosialisasi SRA ini diikuti oleh 300 lembaga dari 18 kecamatan. “Lembaga yang hadir ini adalah  lembaga yang sudah terakreditasi maupun yang belum terakreditasi,” jelas Tia sapaan akrabnya Kabid PAUD dan PNF Disdik Bangkalan ini.

Dijelaskan Tia, hasil sosialisasi ini, nanti ada pengisian instrumen yang akan dilengkapi lembaga dan lembaga itu dinyatakan SRA. “Mereka akan  mendapatkan piagam satuan pendidikan Formal, non formal dan informal yang mampu memberikan pemenuhan hak dan perlindungan khusus kepada anak termasuk mekanisme pengaduan untuk penanganan kasus di satuan pendidikan, ” terangnya.

Selain itu kata Tia, Satuan Pendidikan akan mendapatkan pelatihan pelatihan atau bantuan program -program diantaranya :  Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Perilaku Hidup Bersi Sehat (PHBS), sekolah aman, sekolah hijau, polisi sahabat anak, penguatan pendidikan karakter, sekolah sahabat keluarga, sekolah sebagai taman, gerakan literasi sekolah dan sekolah tanpa kekerasan.

acara Sosialisasi Sekolah Ramah Anak, PAUD di Aula Disdik Bangkalan itu menghadirkan 2 orang nara sumber dari Dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan dan Dinas KBKS kabupaten Bangkalan. (min/shb)