HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Mewisuda 1.883 Orang, UTM Gelar Wisuda Selama 3 Hari
Rektor UTM Muh Syarif Minta Para Wisudawan Harus Siap Menghadapi Perubahan dan Percaya Diri

Rektor UTM Muh Syarif Saat mewisuda

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Pada wisuda Semester genap tahun akademik 2021/2022 ini, Universitas Trunojoyo Madura (UTM) memisuda 1.883 orang.”Pelaksanaan wisuda ke-32 Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 ini dilaksanakan pada tanggal 1 November sampai dengan tanggal  3 November 2022 dengan diikuti oleh 1.883 orang wisudawan, pelaksanaan wisuda pada tanggal 1 November 2022 diikuti 587 wisudawan, pelaksanaan wisuda tanggal 2 November 2022 diikuti 605 wisudawan dan pelaksanaan wisuda tanggal 3 November 2022 diikuti 691 wisudawan,” kata Rektor UTM, Dr Drs Ec, H Muh Syarif M.Si  dalam sambutannya pada acara wisuda semester Genap tahun akademik 2021/2022 di Gedung Pertemuan UTM, Selasa (01/11/2022)..

Dikatakan dia, Wisuda merupakan acara seremonial bagi Lembaga Pendidikan/Perguruan Tinggi dalam mendeklarasikan peserta didik yang telah menyelesaikan semua rangkaian kegiatan akademik dalam meraih gelar akademik. “Oleh karena itulah patut kita sambut dengan penuh rasa syukur kepada Allah SWT,” jelas Syarif sapaan akrabnya Rektor UTM ini.

Pada kesempatan itu, Rektor UTM meminta kepada para wisudawan untuk siap mengadapi perubahan dan percaya diri..  “Para wisudawan agar siap menghadapi arus perubahan dengan pikiran kreatif. Pikiran kreatif tersebut akan membuat wisudawan memiliki rasa kepercayaan diri di tengah kondisi seperti saat ini. Pengalaman dan pengetahuan yang Saudara miliki selama studi sudah selayaknya bisa menjadikan Saudara lebih percaya diri,” terangnya.

Dijelaskan dia, perguruan tinggi memikul tanggung jawab besar untuk memastikan pembelajaran berjalan dengan baik dan mengedepankan keunggulan SDM. “Makanya UTM terus berbenah dan berusaha meningkatkan kualitas dan kompetensinya dalam pelaksanakan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menjadi Perguruan Tinggi yang mampu memberikan solusi permasalahan bangsa, lebih dekat dengan permasalahan nyata di lapangan, selalu berupaya meningkatkan kualitas lembaga, mahasiswa, dosen dan lulusan melalui program link and match yang mendorong kerja sama, interaksi, kolaborasi dan sinergi antara perguruan tinggi dengan masyarakat, dunia usaha  industri dan pemerintah,” tuturnya..

Ditambahkan Syarif, UTM selalu berupaya menghasilkan SDM yang memiliki kecerdasan intelektual, mempunyai keilmuan yang baik, profesional yang kreatif, berbudaya, toleran, demokratis dan berkarakter tangguh. UTM terus berkreasi dan berinovasi untuk menjadi Perguruan Tinggi yang dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. UTM sudah memiliki road map (peta jalan) inovasi UTM antara lain Garam, Rempah, Jagung, energi, Wisata Halal, Sapi dan Halal.

Rektor UTM Muh Syarif

Rektor UTM, Muh Syarif memohon doa, kepada semua hadirin yang hadir pada acara wisuda tersebut. “Kami  mohon doa dan restunya, saat ini UTM sedang berproses dalam pengajuan menjadi Perguruan Tinggi Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PTN-PPK BLU). Dengan transformasi dari status PTN-Satker menjadi PTN-BLU diharapkan pola pengelolaan keuangan dapat memberikan fleksibilitas berupa keleluasan untuk menetapkan praktek-praktek bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” katanya.
Pada hari pertama Wisuda semester genap tahun akademik 2021/2022, Rektor UTM muh Syarif Mohon diri. “Bersama ini pula, saya dengan segala kerendahan hati, mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada para orang tua mahasiswa, wali mahasiswa, para mahasiswa, lulusan, masyarakat dan keluarga besar Universitas Trunojoyo Madura, jika selama saya menjabat Rektor Universitas Trunojoyo Madura sejak periode 2014 sampai berakhirnya jabatan saya pada tahun ini, ada kesalahan, kekurangan, dan kehilafan baik yang disengaja maupun tidak disengaja untuk dapatnya dimaafkan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Dr Deni Setya Bagus Yuherawan, S.H, M.S, menjelaskan, Pada Hari ke 1 ini, jumlah Wisudawan /wati Universitas Trunojoyo Madura yang diwisuda sebanyak 587 orang yang terdiri dari wisudawan berprestasi: “Wisudawan Berprestasi Tingkat universtias  adalah  Ahmad Sahlan: dengan IPK 3,81 berasal dari Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum,” jelas Deni panggilan akrabnya Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UTM ini.

Dijelaskan dia, prestasi prestasi yang diraih widawan berprestasi ini ada;ah menjadi Pengurus Daerah Dewan Kerja Daerah Jawa Timur Priode 2016-2020, dan 2021-2025 (Dibawah Gubernur Jawa Timur), Delegation Indonesia For Celebration of The Coronation King Rama X Thailand Konsulat RI 2019, Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia Tahun 2021 dan menjadi Narasumber Seminar Nasional Pancasila dan Bela Negara Universitas Negeri Surabaya Juli 2021.

Selain wisudawan berprestasi, pada wisuda Semester genap tahun akademik 2021/2022 ini ada wisadawan terbaik. wisudawan terbaik itu antara lain : Wisudawan Terbaik Program Magister Tingkat Universitas adalah LENY MARITA dengan IPK 4,00 berasal dari Program Studi S2 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Wisudawan Terbaik Program Sarjana Tingkat Universitas adalah NUR LAILA SAKINAH dengan IPK, 3.97 berasal dari Program Studi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Keislaman, wisudawan Terbaik Program Diploma Tingkat Universitas adalah NUR AFNI dengan IPK, 3.95 berasal dari Program Studi D3 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Wisudawan terbaik Program Sarjana tingkat Fakultas dari Fakultas Hukum adalah IVONISA ZULVINKA TISYADIARTA dengan IPK 3.88,  Wisudawan terbaik Program Sarjana tingkat Fakultas dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah BELLA DWI GINA PITALOKA dengan IPK 3,96, Wisudawan terbaik Program Sarjana tingkat Fakultas dari dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya adalah LISTYA DEWI SURYA dengan IPK. 3.76,  Wisudawan terbaik Program Sarjana tingkat Fakultas dari dari Fakultas Ilmu Pendidikan adalah NUR AISYAH dengan IPK 3,96,  Wisudawan terbaik Program Sarjana tingkat Fakultas dari dari Fakultas Keislaman adalah NUR LAILA SAKINAH dengan IPK, 3.97 (min/shb/*)