HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Pembangunan Akses Jalan Ke Kota Pelabuhan MIS-C Socah Mangrak

jalan ke pelabuhan MIS-C yang mangkrak
jalan ke kota pelabuhan MIS-C yang mangkrak

Bangkalan, Maduranewsmedia.com–   Karena tim-9 yang mengurus masalah pembebasan lahan dibubarkan, pemabnguan jalan akses ke kota Pelabuhan Madura Industria Seaport-City (MIS-C) di kecamatan Socah sepanjang 15,4 KM terkatung-katung. Mandegnya pembangunan jalan akses ke kota pelabuhan tersebut terkendala dengan pembebasan lahan, padahal masyarakat pemilik lahan yang terkena jalan akses tersebut sudah siap untuk dibebaskan. “Kalau masyarakatnya sudah siap untuk dibebaskan,” kata camat Socah, Hozin Jamili, Minggu (21/02/2016).

Dikatakan Hozin Jamili, lahan yang terkena pembangunan jalan akses ke kota Pelabuhan MIS-C itu tersebar di 5 desa, antara lain;  desa, Socah, Keleyan, Peatonan, Deiring dan desa  Jung Anyar.”Memang lahan untuk kepentingan jalan akses ke kota Prelabuhan yang ada i kecamatan Socah banyak yang belum dibebaskan,” terang Hozin Jamili.

Sekdakab Bangkalan, Eddy Moeljono  ketika dikonfirmasi masalah pembebasan lahan untuk jalan akses ke pelabuhan MIS-C itu mengatakan, sejak tim 9 dibubarkan dirinya tidak tahu perkembangan dari pembebasan lahan ke kota pelabuhan itu. “Sekarang tim 9 ini sudah tidak ada, sesuai dengan undang – undang N0 12 tentang pertanahan, pembebasan lahan untuk kepentingan umum adalah Kepala Badan Pertanahan Nasional,” jelas Yon Panggilan akrabnya Eddy Moeljono.

Oleh sebab itu kata Yon, sejak dibubarkannya tim 9, setiap ada pembebesan lahan untuk kepentingan umum, seperti untuk pembangunan jalan, masjid, pasar dan  terminal, maka ketua pembebasan lahnnya adalah Kepala BPN. “Silahkan anda tanyakan ke Kepala BPN masalah pembebasan lahan untuk ke jalan akses kota pelabuahn MIS-C ini, kalau dulu memang ketua-nya tim 9 yang mengurusi masalah pembebasalan lahan untuk kepentingan umum adalah Sekda, sekarang sudah bukan sekda lagi,” jelasnya.

lebih lanjut dia menjelaskan, pembangunan akses jalan ke pelabuhan Socah sepanjang 15,4 km dengan lebar 40 M ini  pengelolaan di serahkan kepada BPWS sepanjang 1,2 km, Balai Besar V jalan dan Jembatan Kementrian PU, 2,9 km, PT MISI sepanjang 2,5 km dan pemrov serta pemkab sepanjang 10,4 km. (hib/shb).