HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Pemrop Kurangi Kewenangan Pengelolaan Terminal Dishubkominfo Bangkalan

Ketua Kadin bangkalan, H Saleh Farhat

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Kabupaten. Bangkalan mempunyai 4 terminal, yaitu Terminal Suramad, terminal kota di Kleurahan Mlajah kecamatan kota, terminal Bancaran di kelurahan Bancaran kecamatan kota dan terminal Kamal di kecamatan Kamal.  Namun dari 4 terminal yang dimiliki,  pemkab Bangkalan hanya berhak mengelola 2 terminal yaitu terminal Kamal dan terminal Bancaran. “Per-Januari 2017 ini, pengelolaan terminal kota sudah diambil oleh propinsi,” kata Kadishubkominfo kabupaten Bangkalan, Bambang Setyawan, Senin (2/01/2017).

Dikatakan Bambang, 4 terminal yang ada di kabupaten bangkalan ini type-nya berbeda-beda,  Terminal Suramadu yang dalam proses pembangunan itu adalah type A, terminal Bangkalan type B dan terminal Kamal serta terminal Bancaran adalah type B. “Dalam aturannya  per 1 Januari terminal type A dan B itu wewenangnya dishub propinsi, sementara dishub kabupaten hanya berhak mengelola terminal type C,” jelasnya,

Jadi jelas Bambang,  sejak Januari 2017 ini pihaknya hanya mengelola  dua termina saja yaitu terminal Bancaran dan dan terminal Kamal. “Ya kalau aturannya sudah seperti itu mau gimana lagi, dua terminal type C yang kita kelola ini akan kita optimalkan,” terangnya.

Kadishubkominfo kabupaten Bangkalan ini mengharapkan, dengan adanya pengambil alihan kewenangan pengelolaanterminal ini, pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik. “Ya kami berharap pelayan kepada masyarakat khussunya dibidang transportasi semakin baik,” katanya.

Sementara itu Ketua Kadin kabupaten Bangkalan Saleh Farhat meminta kepada pemerintah propinsi agar serius dalam menangani masalah terminal ini. “Nasib Pembangunan terminal di Suramadu itu sampai saat ini tidak jelas, masak terminal akan dibiarkan seperti itu,” kata Saleh Farhat.

Dia mengharapkan, agar roda perekonomian di kabupaten Bangkalan bergerak, maka pemerintah propinsi yang mempunyai wewenang atas terminal di Suramadu itu, dilanjutkan. Dan segera  di operasionalkan. “Kalau memang pembangunannya sudah selesai segera dioperasikan agar perekonomian disekitar terminal suramadu itu bisa segera tumbuh,” pungkasnya. (hib/shb)