HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Penetapan Cakades Sepihak, Puluhan Warga desa Pangbatok Ngeluruk Kantor Pemkab Pamekasan

warga saat ngeluruk kantor pemkab Pamekasan

 

Pamekasan, maduranewsmedia.com -Puluhan warga Desa Pangbatok, Kecamatan Proppo kabupaten Pamekasan ngeluruk ke kantor pemkab pamekasan yang ada di Jalan Kabupaten. Kedatangan puluhan massa itu untuk memprotes tahapan penetapan calon kepala desa (kades) karena dianggap tidak adil. Mereka menuding penetapan Kades dilakukan secara sepihak. Rabu (16/8/2017) pagi.

Dalam penyampaian aspirasi, sempat terjadi saling dorong antara warga dengan aparat keamanan dari Polres Pamekasan, karena warga berusaha masuk ke kantor Bupati Pamekasan.

Salah seorang warga Desa Pangbatok, Subaidi mengatakan, dalam tahapan pendaftaran bakal calon kades (bacakades) terdapat 7 pendaftar. Namun, sebagian besar dari bacakades itu berasal dari luar desa.

Dalam tahapan penetapan, panitia pilkades justru meloloskan pendaftar yang tidak berdomisili di Desa Pangbatok. Sementara bacakades yang asli dari desa tersebut tidak lolos.

“Ini tidak adil, pendaftar dari luar desa jadi calon, yang asli dari desa kami malah digugurkan. Kami tahu, batas maksimal calon itu ada lima, tapi kami tidak mau ada calon yang bukan asli dari desa kami,” kata Subaidi.

Munculnya bacakades dari luar desa setempat diduga kuat karena disuruh salah satu calon untuk mengganjal bacakades dari desa setempat. “Penetapan ini janggal, karena informasi yang kami terima, bacakades dari luar itu dibayar agar bacakades asli warga Pangbatok tidak lolos dalam pencalonan,” pungkasnya. (rhm/shb)