Pengunjung Perpustakaan Bangkalan Gunakan Wifi Hanya Berselancar Di Medsos

 

Kabid Perpustakaan keliling Latifah

Bangkalan.maduranewsmedia.com – Para pengunjung perpustakaan umum daerah kabupaten bangkalan yang  berkunjung ke perpustakaan hanya untuk mencari koneksi Wifi, mereka menggunakan jaringan Wifi perpustakaan itu agar bisa berselancar di media sosial (medsos) padahal kegunaan Wifi di Perpustakaan itu untuk mempermudah pengunjung  dalam mencari leterasi. Saat ini perpustakaan sudah mengusahakan sistem baru agar wifi yang ada di Perpustakaan itu benar-benar dipergunakan untuk kepentingan leterasi.

Kabid Perpustakaan Keliling, Latifah mengatakan,  sistem baru penggunaan wifi di perpustakaan ini sudah berjalan dan mulai diberlakukan. “Wifi sudah kita kunci sehingga pemakaian wifi benar-benar hanya untuk masyarakat yang memerlukan buku namun belum tersedia di perpustakaan daerah ini, biasanya mereka akan bertanya pada petugas dan setelah di cek bukunya tidak ada, baru kita beri passwordnya,”  kata Latifah Jumat (22/11/2019).

Latifah tidak menampik, setama ini masyarakat pengunjung perpustakaan benar-benar menggunakan wifi  sesuai aturan. “Memang kita tidak pernah tahu, pada awalnya bertanya buku,  eh ternyata mereka sambil lalu membuka sosmed, Games, kita tidak menampik, namun setidaknya ada pengurangan dan ini sebagai usaha untuk meminimalisir,” jelasnya

Untuk solusi selanjutnya kata Latifah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan mengusahakan sistem Wifi yang lebih baik lagi dan lebih terjaga keamanannya.  “Nanti kita  akan rombak benar-benar pengaturannya, jika tidak ada halangan dan Tim IT sudah ada, kita akan membuat sistem Wifi yang hanya bisa mengakses seputar buku atau memang hal yang perlu diketahui masyarakat khususnya pelajar seperti hanya bisa mengakses ilmu pengetahuan, hal-hal positif dan lainnya sehingga tidak ada lagi masyarakat pengunjung perpustakaan yang menyalahgunakan wifi,” pungkasnya. (ver/shb).