HEADLINEOLAH RAGAPERISTIWATERKINI

Peringati Maulid Nabi dan HUT Kabupaten Bangkalan Ke 491, Desa Parseh Gelar Lomba Pencak Silat

Para peserta lomba saat berlaga

Bangkalan, Maduranewsmedia.com-Dalam rangka memperingati maulid nabi dan hari jadi Kabupaten bangkalan ke 491, desa Parseh kecamatan Socah kabupaten Bangkalan menggelar  lomba  Rabesen pencak silat Champions. Lomba pencak Silat se kabupaten Bangkalan ini  pertama kali di adakan di desa Parseh.  “Panitia sudah di beri amanah  oleh bapak kepala desa Parseh untuk mengawal pelaksanaan lomba pencak silat tradisional se-kabupaten Bangkalan ini, dan kegiatan ini untuk memperingati maulid nabi dan hari jadi Bangkalan,” Kata Ketua Panitia, Ra Saiful di sela-sela acara lomba  Rabesan silat Champions di lapangan sentra desa Parseh, Ahad (23/10/2022).

Dikatakan dia, tujuan digelarnya lomba  Rabesan silat Champions ini   untuk memperkenalkan kesenian kabupaten Bangkalan terutama Madura  “Lomba pencak silat yang kita adakan ini bukan adu fisik ataupun yang lainya, melainkan untuj mempererat tali silaturahmi sesama perguruan pencak silat, dan  juga untuk memperkenalkan kesenian orang Madura, karena pencak silat ini di gemari oleh semua lapisan mulai dari kawula muda sampai dewasa terbukti para pendaftar membludak,” jelas ketua Panitia yang juga pengasuh Ponpes Raudhatul Ulum Kaseman Parseh ini.

Dijelaskan Syaiful,  pihaknya menggandeng semua  elemen masyarakat untuk mempertahankan  kesenian pencak silat ini agar supaya  tidak hilang ditelan zaman.  “Pencak silat Champions Rabesen ini yang pertama kali kita gelar, dan Insya Allah akan menjadi agenda rutinitas tahunan. Dalam lomba   ada 50 pesilat dari berbagai perguruan silat di kabupaten Bangkalan, dan kami selaku ketua menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak, panitia dan para donatur yang telah berpatisipasi dalam acara ini,” tuturnya.

Ketua panitia Rabesen silat Champions Syaifullah,S.Ag. M.Pd mengaku bahwa pada awalnya dirinya tidak percaya kalau peserta lomba pencak silat akan membludak.
,”Harapan saya selaku ketua panitia lebih memperkuat adanya hubungan persaudaraan antara perguruan silat di Bangkalan, karena di luar penilaian masyarakat luar Madura pencak silat dibuat begal atau carok justru dari sini kita ini kesenian bukan membuat dampak negatif bagi sesama bangsa. Semoga para pemenang nantinya dapat melanjutkan prestasi ke jenjang nasional,” katanya.

Sementara itu, kepala desa Parseh, Moh Ilyas bersyukur atas terlaksananya lomba Rabesen silat Champions ini. “Alhamdulilah  saya ucapkan terima kasih kepada para partisipan dan donatur, kami juga berterima kasih kepada semua lapisan masyarakat terutama pengasuh ponpes Raudhatul Ulum Kaseman Socah dan ponpes Darul Hikmah Langkap dan kepada semua peserta pencak silat se-kabupaten Bangkalan yang telah menampilkan kesenian di hadapan kami, mudah-mudahan kami dapat melaksanakan kegiatan ini  sebagai rutinitas desa parseh,” pungkasnya (edi/shb)