HEADLINEPERISTIWATERKINI

Petani Desa Aeng Sareh Sampang Mulai Tanam Tembakau

petani tembakau

Sampang,maduranewsmedia.com– Meski bulan Puasa Petani Tembakau Desa Aeng Sareh Sampang Madura tetap mengelilingi lahannya Sambil memikul alat penyiram tanaman satu persatu menyirami tanaman yang ia tanam, Dia rela berjalan mondar mandir di bawah terik matahari dengan bermodal kaos tipis warna coklat dan penutup kepala seadanya.
Tanaman Komersil ini merupakan harapan untuk bertahan hidup bagi petani tembakau, apalagi awal-awal memulai penanaman tembakau sangat membutuhkan modal materi yang lumayan besar dan tenaga yang ekstra, sehingga meski awal penanamannya bertepatan dengan bulan Romadhan petani tidak mengendurkan niatnya untuk menanam tembakau.

Seperti Petani asal Desa Aeng sareh, Sampang P. Walid (45) menyatakan sebagai petani yang menggantungkan hidupnya pada hasil alam ini menanam tembakau merupakan kewajiban untuk melangsungkan hidupnya dengan cara menanam tembakau dan untuk mendapatkan modal awal ia mencari pinjaman pada familinya dan dibantu oleh keluarganya. “Menanam tembakau ini memang tidak mudah mas, kalau petani seperti saya untuk awal penanaman saya meminjam modal kepada famili saya dan dibantu oleh keluarga saya, karena saya tidak mendatangkan pekerja karena tidak mampu untuk membayar,” Terangnya

Menurutnya, Selama penanaman belum pernah merasakan adanya bantuan dari manapun karena selama menggarap lahan sampai panen menggunakan biaya sendiri, dia juga berharap dari tanaman itu bisa mendapatkan hasil. “Selama saya menanam belum ada sama sekali bantuan mas, belum tau kalau yang lain,” pungkasnya. (jnn/shb)