Petani Di Kabupaten Bangkalan Mulai Panen, Hasil Produksi Padi Tahun Ini Surplus

panen perdana di desa Dumajah

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Pada Pertengahan Bulan Maret ini, sebagaian Petani di kabupaten bangkalan mulai melakukan panen perdana. Pada musim panen tahun ini produksi padi di kabupaten Bangkalan siurplus. “Jika melihat dari hasil ubinan yang kita lakukan, produksi padi kita surplus,” kata Kabid Tanaman Pangan, dinas Peratanian tanaman Pangan, Holtikultura dan Prekebunan kabupaten Bangkalan, Geger Heri Susianto, Kamis (15/3/2018).

Dikatakan dia, dalam ubinan yang dilakukan oleh petugas PPL  dari Dinas Pertanian, ddari lahan 2,5 M2 hasil ubinannya  6 kg. “Jika merujuk kepada hasil ubinan itu, maka hasil produksi padi 9 ton/hertarnya dengan varietas Chiherang,” jelas Geger panggilan akrabnya Kabid Tanaman Pangan itu,

Dijelaskan Geger, para petani di kabupaten Bangkalan sudah mulai ada yang panen sejak bulan Pebruari, namun untuk panen Perdana Dinas Pertanian melakukan Panen di Desa Dumajah kecamatan Tanah Merah. “Kemarin kita panen perdana dengan kelompok Tani Agung di desa Dumajah, Alhamdulillah hasilnya banyak,” terangnya.

Ditambahkan Geger, dalam Panen perdana di desa Dumajah itu, pihaknya bersama Dandim 0829/bangkalan serta para petugas PPL ikut panen untuk memastikan bahwa hasil panen dan produksi padi di bangkalan surplus. “Makanya sebelum dilakukan panen, kita melakukan ubinan dulu untuk mengetahui hasil produksi padi petani,” katanya.

Ubinan ini perlu kata Geger, karena dengan ubinan ini bisa mengetahui hasil produksi padi yang ditanam oleh para petani. “Ya setiap akan panen pasti kita melakukan ubinan terlebih dahulu,” tuturnya.

Untuk target produksi padi tahun 2018 ini 327.700 ton, target produksi ini naik jika dibandingkan dengan target produksi tahun 2017 sebesar 325.100 ton. “Kami optimis target produksi ini bisa tercapai,jika melihat dari hasil panen perdana,” pungkasnya. (hib/shb)