HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Peternakan Kambing Konter NU Di Kabupaten Bangkalan Terus Berkembang

Bangkalan, maduranewsmedia.com – peternakan kambing komunitas ternak Nahdatul Ulama (Konter NU) Bangkalan teris berkembang. Hal itu terlihat dari jumlah kambing yang dimiliki anggota Konter NU yang terus meningkat. “Pada awalnya saya memiliki 11 ekor kambing sekarang sudah 57 ekor kambing, Alhamdulillah jumlah kambing saya terus meningkat, ” kata angggota Konter NU, Abd Jalil di tempat peternakannya di desa Alas Kokon kecamatan Modung kabupaten Bangkalan, Sabtu (12/03/2022).

Abd Jalil yang memulai usaha beternak kambing pada tahun 2019 ini perekonomian keluarganya bisa terbantu.  “Setiap bulannya itu saya bisa jual kambing 3 kali, Alhamdulillah hasilnya  lumayan,” jelas Abd Jalil yang juga Sekretaris PCNU Bangkalan ini.

Dijelaskan dia, bukan hanya kambing peliharannya yang terus berkembang akan tetapi warga Nahdiliyin yang bergabung ke Konter NU juga terus bertambah. “Swkarang jumlah anggota Konter NU Bangkalan ada 30 anggota dan setiap anggota memelihara 20 ekor kambing, ” terang Jalil sapaan akrabnya Anggota Konter NU Bangkalan ini.

Konter NU ini kata Jalil, merupakan binaan dari PCNU Bangkalan. “Jadi peternak kambing yang tergabung dalam Konter NU sertap 1 bulan sekali mengadakan pertemuan. Dalam pertemua  itu banyak yang dibahas diantaranya  tentang kesehatan ternak, pola pakan dan sistem pemasarannya, ” tuturnya.

Ditambahkan Jalil pola peternakan yang dilakukan oleh Konter NU Bangkalan ini pola peternakan modern. “Dalam peternakan modern ini pakan kita pakai pakan pembuatan pabrik yaitu limbah Sawit, kita ngambilnya dari Probolinggo. Karena kita juga menyiapkan pakan bagi anggota kita ngambilnya 8 ton, ” katanya.

Sekretaris PCNU Bangkalan ini mengharapkan peternakan kambing Konter NU Bangkalan ini terus berkembang. “Saya ini selalu memprovokasi teman teman agar supaya Konter NU Bangkalan besar, ” pungkas Jalil. (min/shb)