HEADLINEHUKUM & KRIMINALKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Polres Bangkalan Amankan Ribuan Mercon dan Puluhan Kilogram Bahan Peledak

 

Kapolres Bangkalan, AKBP Anissulah M Ridha saat menunjukkan barang bukti Mercon
Kapolres Bangkalan, AKBP Anissulah M Ridha saat menunjukkan barang bukti Mercon

 

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Jajaran reskrim berhasil mengamankan sebanyak 2 ribu mercon dan selongsongan kosong serta puluhan pak mercon yang siap edar. Selain itu polisi juga mengamankan 15 kg bahan peledak atau serbuk mesiu, kertas dan sumbu mercon serta satu orang tersangka ML (48) warga desa Ngapuran kecamatan Tanah Merah.

Kapolres Bangkalan, AKBP, Anissullah M Ridha menjelaskan, puluhan kg bahan peledak dan ribuan mercon diamankan dari rumah tersangka. “Tersangka ini sudah tiga tahun memnproduksi mercon dan diedrakan di wilayah bangkalan,” kata Anissulah saat konfrensi pers, Selasa (21/06/2016).

Dikatakan dia, tersangka mengaku membeli bahan-bahan mercon mulai dari serbuk mesiu, dan sumbu dibelinya dari toko kimia di surabaya. “Potasium dan bahan kimia lainnya dibeli dia dari toko kimia di surabaya,” jelasnya.

Untuk tersangka ML, polisi akan menjera dengan Undang-udang darurat no 12 tahun 1951. “ancaman maksimal 12 tahun,” katanya

sementara itu tersangka ML (48) mengaku memproduksi mercon tersebut karena ingin mempunyai unag pad asaat lebaran nanti. “Modalnya lebih 20 juta pak, kita kumpulkan sedikit demi sedikit,” kata ML. (hib/shb)