Polres Bangkalan Latih Ratusan Relawan Penanggulangan Bencana

Kapolres Bangkalan usai memipin Apel

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Polres Bangkalan melatih sekitar 200 orang tenaga relawan untuk peanggulangan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Ratusan tenaga relawan yang dilatih tersebut terdiri dari berbagai Instansi terkait, TNI-Polri, BPBD, Satpol PP,Pemadam Kebakaran, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan PLN. “Latihan  Penanggulan bencana alam, sebagai bentuk antisipasi dan kesiap siagaan kita masing masing instansi, baik TNI, Polri, BPBD kabupaten Bangkalan, Satpol PP, pemadam kebakaran, dinas Sosial, dinas Kesehatan dan PLN dalam menghadap bencana apabila sewaktu waktu terjadi di kabupaten Bangkalan,” kata Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan usai memimpin  Apel  latihan Bencana Alam dalam rangka penanggulangan Bencana, di Mapolres Bangkalan, Kamis (13/12/2018)

Dikatakan dia, Latihan penangulangan benaca ini dilakukan,karena musim hujan dan curah hujan di kabupaten Bangkalan semakin deras dari hari ke hari belakangan ini. “Kita harus meningkatkan kewaspadaan,  jadi ketika nanti terjadi bencana alam, kita tidak terdadak lagi dalam menanganinya, kita sudah tahu  harus berbuat seperti apa dan  harus berkoordinasi dengan siapa,” terang Boby panggilan akrabnya Kapolres Bangkalan ini.

Dijelaskan Boby, penanggulangan bencana alam itu tidak hanya tugasnya BPBD atau TNI- Polri saja, akan tetapi banyak isntansi yang terkait didalamnya. “Bagaimana ketika terjadi bencana alam, mendirikan posko, posko bencana darurat, bagaimana bahan makanannya, teman dinas sosial, bagaimana PLN apakah lampu harus dimatikan atau tidak, dinas kesehatan menyiapkan sarana ambulance-nya, bagaimana TNI -Polri membantu BPBD mencari korban yang terkena bencan alam,” tuturnya.

Kalau tidak dilatih dan disiapkan kata Boby,  relawan akan kebingunan ketika terjadi bencana alam. “Jadi  tujuannya dilakukan apel latihan Bencana Alam dalam rangka penanggulangan Bencana ini, ya bagaimana kita meningkatkan kesiap siagaan apabila terjadi bencana di kabupaten bangkalan,” katanya.

Ditambahkan Boby, peta daerah yang sering tertimpa bencana di kabupaten Bangkalan sudah ada. “Menurut Informasi dari teman-teman BPBD,  di wilayah utara kecamatan Tanjung Bumi, kokop, Galis dan kecamatan Konang  sering terjadi bencana tanah longsor, kecamatan Arosbaya dan Blega sering terjadi bencana banjir,” pungkasnya. (hib/shb)