TERKINI

PPP BANGKALAN RUBAH MEKANISME REKRUTMEN BAKAL CALON LEGISLATIF 2024

Oleh : Moh Iksan

Moh Iksan

Perrsiapkan bakal calon anggota legislatif yang berkemampuan ideal .

MERUBAH UNTUK PENYEMPURNAAN

sistem rekrutmen anggota Legislatif yang ada saat ini rupanya perlu disempurnakan , langkah ini yang akan ditempuh oleh Partai PPP Kabupaten Bangkalan , perubahan sistem rekrutmen bakal calon anggota legislatif partai PPP mutlak dilakukan sebagai jalan alternatif untuk perbaikan cita rasa politik sehingga kedepan kehidupan politik berlangsung menjadi lebih baik , titik tekan pada jalan alternatif ini ( dimulai dari rekrutmen bakal calon legislatif ) muncul karena berbagai pertimbangan dan faktor penyebab

Faktor pertama adalah faktor tanggung dari partai PPP kepada masyarakat pendukung dan masyarakat kabupaten Bangkalan lainnya karena disinyalir sampai saat ini masih ada harapan dari masyarakat kepada partai PPP yang kemungkinan belum bisa diakomodir oleh PPP maupun oleh para anggota legislatifnya .

Faktor kedua karena adanya anggapan dan penilaian masyarakat secara umum bahwa kinerja anggota dewan diberbagai tingkatan saat ini dinilai kian menurun terutama terkait dengan fungsi fungsi yang melekat kepada anggota legislatif yakni sebagai penyambung aspirasi masyarakat dan perwakilan rakyat yang sehingga menyebabkan tingkat ekspektasi dari masyarakat terhadap partai politik saat ini juga menurun.

Faktor ketiga adalah faktor kekosongan aturan yang dipandang menjadi faktor lemahnya mekanisme rekrutmen bakal calon anggota legislatif sehingga partai merasa kekurangan cukup alat dan perangkat aturan untuk mencetak kader kader potensial yang menjadi bakal calon anggota legislatif yang handal , berkemampuan ideal serta menjadi pilihan masyarakat .

Faktor diatas menjadi pertimbangan utama bagi PPP Bangkalan untuk melakukan langkah langkah perubahan dan diskresi mekanisme rekrutmen bakal calon anggota legislatif yang akan berlaga di pemilu legislatif tahun 2024 melalui Partai Persatuan Pembangunan Kab. Bangkalan .

Partai politik memungkinkan untuk melakukan langkah langkah diskresi sebagai jalan keluar yang dipilih untuk menjawab apa yang saat ini dimaksudkan dengan ‘ descreased function ‘ dari partai politik

diantara langkah langkah diskresi diinternal PPP Bangkalan diantaranya akan menerapkan program diklat politik termasuk didalamnya pelaksanaan program magang kelembagaan bagi para bakal calon anggota legislatif PPP Bangkalan.

Hal ini ditempuh sebagai perangkat pengaturan penguatan kapasitas SDM , fungsi kaderisasi dan fungsi kelembagaan partai politik untuk mendukung mekanisme rekrutmen para bakal calon anggota legislatif .

LANGKAH UNTUK MEMPERTAJAM CITA RASA KERAKYATAN

Ada dua penyebab yang menjadi sumber melemahkan sistem rekrutmen bakal calon anggota legislatif yang dilaksanakan oleh partai politik selama ini, sehingga berdampak panjang pada praktek kehidupan politik selanjutnya ketika para kader berhasil menjadi anggota legislatif .

Pertama, peraturan perundang-undangan tidak mengakomodasi sistem rekrutmen yang ideal.

Kedua, adanya inkonsistensi aturan internal partai politik terhadap fungsi rekrutmen di partai politik antara tujuan fragmatisme ,lembaga perjuangan dan idealisme kerakyatan .

dari hasil pantauan dan analisa internal ada beberapa peraturan yang langsung terkait dengan lemahnya sistem rekrutmen bakal calon anggota legislatif, yakni aturan pasal 29 ayat (2) dalam UU No 2 tahun 2008 tentang partai politik, pasal 29 pasal 1 UU No 2 tahun 2011 tentang perubahan atas UU No 2 tahun 2008 dan pasal 52 UU No 8 tahun 2012 tentang pemilihan umum anggota DPR, DPD, dan DPRD.
serta pasal 2 UU no 2 tahun 2011 tentang perubahan atas UU no 2 tahun 2008 tentang partai politik yang mengatur pendirian partai politik yang menganut sistem multi partai dan berimplikasi pada kecenderungan perebutan kursi parlemen serta memicu sikap pragmatisme dalam proses rekrutmen bakal calon anggota legislatif tanpa memperhatikan hal hal fundamental seperti kapasitas SDM , partisipasi masyarakat dan lain sebagainya.

Langkah langkah yang sedang ditempuh oleh PPP Bangkalan saat ini dalam rangka untuk menjawab opini opini yang berkembang bahkan menjadi sorotan yang berbasis keragu raguan dari masyarakat mengenai kiprah partai politik termasuk juga kiprah dari partai PPP dimasa yang akan datang , maka PPP Bangkalan menjadikan opini masyarakat ini sebagai pedoman langkah langkah politik yang sedang dilakukan diawali dengan pengaturan kinerja jajaran pengurus mengenai tugas dan fungsi , proses rekrutmen kader dan para bakal calon anggota legislatif dengan tujuan ingin mempersembahkan kader kader yang memiliki kapasitas makin ideal dilegislatif .

Kemudian pada saatnya diharapkan akan tercipta situasi politik dengan cita rasa kerakyatan yang tinggi dan kiprah sosok sosok kader politik PPP yang benar benar menjadi ‘ WAKIL RAKYAT .

  • PPP BACK TO BASIC –

Kembali kepada jati diri PPP , menjadi partai milik umat dan wadah perjuangan kemasyarakatan .(*)

Penulis adalah Ketua majelis pakar DPC PPP Bangkalan