HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Presiden RI, Joko Widodo Resmikan Waduk Nipah

Presiden RI, Joko Widodo saat meresmikan waduk Nipah
Presiden RI, Joko Widodo saat meresmikan waduk Nipah

Sampang, Maduranewsmedia.com– Presiden RI, Joko Widodo, Sabtu (19/03/2016)  meresmikan Waduk Nipah di kabupaten Sampang. Waduk yang berada di Empat Desa di dua Kecamatan, yaitu di desa Montor, Nagasareh,  Tebanah kecamatan Banyuates dan desa Banyusokah kecamatan Ketapang kabupaten Sampang itu nanti akan mampu mengairi 150 ribu hektar sawah di kabupaten tersebut. “Bendungan ini kita bangun disiapkan untuk jangka panjang dalam rangka meningkatkan produksi pangan kita,” kata Jokowi saat meresmikan Waduk Nipah.

Dikatakan Jokowi, Pembangunan  bendungan Nipah ini sudah disetujui oleh Pemerintah sejak tahun 1973, dan pada tahun 1982 dimulai pembebasan lahannya, namun  pada tahun 1993 masyarakat setempat tidak berkenan dengan Waduk ini dan pembangunannya dihentikan, dan pada tahun 2008 pembangunannya dimulai lagi. “Saya lihat problemnya apa ? Ternyata  bendunganya harus dipotong, agar elevasi  airnya bisa lebih turun,” terangnya.

Presiden RI ke meminta agar supaya bendungan Nipah ini tidak sama seperti  waduk Jati Gede di jawa Barat. “Jangan sampai bendungan Nipah ini sama dengan Waduk Jati Gede pembangunannya  dimulai sejak tahun 1961,  Hampir 55 tahun, sampai sekarang  belum selesai,” katanya.

Dikatakan Jokowi, jika pendekatan-pendekatan  ke masyarakat kalau dilakukan. dengan  benar, maka dirinya yakin rencana pembangunan pemerintah akan berjalan lancar. “Insya Allah pembangunan akan berjalan dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat, Basuki Hadi Murjono, pembangunan wadukj Nipah ini mulai dibangun pada tahun 2004 dan pada tahun 2008 Pembangunannya selesai. “Sekarang ini Peresmian pengoperasian waduk nipah,” Kata Basuki Hadi Murjono.

Dijelas dia, setelah selesai dibangun pada tahun 2008, waduk Nipah tidak diisi air karena adan beberapa lahan yang belum dibebaskan. “Kami berharap masyarakat kabupaten sampang mengoptimalkan semaksimal mungkin, dan semoga waduk ini membawa barokah, karena Waduk bipah bisa Mengairi 150 ribu hektar. Madura ini butuh air untuk bisa maju, makanya waduk ini kami bangun,” pungkasnya. (hib/shb)