HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Program BOS Affirmasi Dan BOS Kinerja Mulai Disosialisasikan

Kabid SD Disdik Bangkalan, Moh Ya’kub saat memberikan materi sosialisasi

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan mulai mensosialisasikan Program program  Kementrian Pendidikan RI yaitu BOS Affirmasi dan BOS Kinerja “Program ini belum terealisasi karena dananya belum turun dari Dinas Pendidikan Propinsi, namun hari Rabu kemarin kami telah melakukan sosialisasi kepada sekolah penerima bantuan ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Bambang Budi Mustika melalui Kasi Kurikulum SD, Rahmat Hidayat , Jum,at (25/10).

Dikatakan Rahmat Hidayat, jumlah penerima BOS Affirmasi yaitu sekolah yang masuk katagori 3 T (Tertinggal, Terluar, Terpencil) ada 154 SD,  dengan 2.310 orang siswa. “Setiap sekolah mendapatkan bantuan dana Rp 24 juta, dana itu untuk pembangunan rumah belajar nya. .sedangkan siswanya rata rata mendapat Rp 2 juta untuk pembelian Tab-nya,” terang Dayat Panggilan akrabnya Kasis Kurikulum SD itu..

Sedangkan untuk BOS Kinerja kata Dayat, jumlah sekolah penerima sebanyak 14 SD, sementara jumlah siswanya ada  514 orang siswa. “Kalau untuk BOS kinerja Sekolah menerima bantuan dana Rp 19 juta untuk pembangunan akses belajarnya, sedangkn untuk siswa-nya sama dengan BOS Affirmasi yaitu Rp  2 juta/siswa,” tuturnya.

Ditambahkan Dayat, untukt aturan tehnisnya tentang bantuan BOS Affirmasi dan BOS kinerja ini telah diataur dalam i Permendikbud No 31 tahun 2019, tentang BOS kinerja dan BOS. “Dana bantuan BOS Affirmasi dan BOS kinerja ini langsung masuk ke rekening sekolah penerima, begitua juga dengan  pembelajaannya melalui aplikasi SIPLAH,  jadi sekolah penerima langsung pesan kepada penyedia barang yang ada di aplikasi SIPLAH itu,” pungkas Dayat. (hib/shb)