HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Program Upsus Siwab Dinas Peternakan Bangkalan Hasilkan 24 Ribu Ekor Sapi

Sapi Madura Limosin (Madrasin)

Bangkalan,maduranewsmedia.com–  Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di kalangan peternak sapi Pemkab Bangkalan, melalui Dinas Peternakan mengembangkan program upaya khusus sapi induk wajib Bunting (UPSUS SIWAB) dengan inseminasi buatan (IB) “Untuk program UPSUS SIWAB pada tahun 2019 ini kami mematok target 24 ribu ekor sapi,”  kata Kepala Dinas Peterakan kabupaten bangkalan, Ahmat Hafid melalui kabid kesehatan hewan, Azizun Hamid, Jum,at (13/12/2019)

Dikatakan dia,  hasil program Upsus Siwab yang tercatat sehak dari awal bulan Januari hingga bulan November tahun 2019 ini sudah mencapai 23.800 sapi “Kalau diprosentasekan  sudah mencapai 98 persen. Dan untuk bulan Desember ini masih tercatat 100 ekor, jadi kami masih menunggu hingga tanggal 15 Desember nanti,” jelasnya Alek panggilan akrabnya Azizun Hamid.

Ditambahkan Alek, program Upsus Siwab dengan IB ini sudah berjalan 3 tahun sejak era  Presiden Jokowi yang tujuannya untuk membantu memajukan ekonomi dalam peternakan dan juga mensejahterakan para peternak “Jadi program IB ini diharapkan bisa memacu perekonomian para peternak sapi di Bangkalan ini,” jelasnya.

Dijelaskan Alek, Anakan sapi melalui program IB, akan menghasilkan kombinasi sapi Madura dan Limosin (Madrasin) dan akan menghasilkan sapi yang ukurannya lebih besar. “Agar mendapatkan kualitas sapi yang baik, Kami hanya melakukan IB pada sapi Limosin dan sapi Madura saja jadi kami tidak menerima sapi selain itu. Mengapa demikian, karena sapi Madura ini banyak diminati oleh masyarakat dan ini juga menjadi ciri khas bagi Madura,” pungkasnya. (ver/shb)