HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Puluhan Pasangan Dari Tiga Kecamatan Ikuti Nikah Massal Gratis TTMD Ke 103

salah satu Pasangan nikah massal saat akad nikah

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Sebanyak 62 pasangan dari tiga kecamatan melakukan Nikah Massal secara gratis. Puluhan pesertanikah masal massal yang diadakan dalam rangkaian kegiatan TTMD it ke 103 di Desa Durin Timur Kecamatan Konang Kabupaten  Bangkalan itu datang dari kecamatan Galis, Blega dan kecamatan Konang. Kegiatan nikah massal tersebut digelar di halaman rumah Kades Durin Timur, H. M Umar Faruq.

Dansatgas TMMD Ke-103, Letkol Arm. Dodot Sugeng Hariadi S.E melalui Kapten Inf Tamam mengatakan, kegiatan Nikah massal ini merupakan rangkain dari progam TNI Manunggal Membanggun Desa (TMMD) ke 103 yang berlangsung sejak tanggal 15 Oktober sampai dengan tanggal 13 November 2018, Pernikahan massal ini bagian dari kegiatan non fisik TMMD ke 103 Kodim 0829/Bangkalan, “Kegiatan nikah massal ini sebagai bentuk kepedulian sosial dan kemanunggalan TNI bersama rakyat sekaligus membantu pasangan yang kurang mampu dan meminimalisir tindakan pergaulan bebas,” kata Tamam, Jum,at (19/10/2018)

Dikatakan dia, nikah massa tersebut hanya diperuntukkan bagi pasangan yang sudah menikah. “Isbat nikah ini merupakan proses legalisasi pasangan suami isteri yang sudah menikah secara sariat Islam, tetapi karena berbagai alasan mereka tidak memiliki buku akta nikah,” terangnya.

Ditambahkan Tamam, kegiatan nikah massal ini pertama kali dilaksanakan di Desa Durin timur, dimana merupakan kolaborasi kerjasama antara Pengadilan Agama, Kementerian Agama kabupaten bangkalan dan Pemerintah Daerah Kabupaten. Bangkalan Melalui Program TMMD  ke 103 yang bersifat lintas sektoral. “Kita berharap kegiatan ini  dapat membawa manfaat bagi masyarakat di wilayah yang menjadi sasaran kegiatan TMMD,” tuturnya.

Kades Durin Timur HM Umar Faruq sangat bahagia dengan digelarnya kegiatan nikah massa itu. “Alhamdulillah kegiatan TMMD benar-benar sangat membantu masyarakat tak terkecuali para pasangan pengantin  nikah massal secara gratis ini, kami mewakili masyarakat mengucapkan banyak Terima Kasih kepada TNI, atas bantuan dan pengabdiannya kepada Masyarakat. Semoga TNI senantiasa ada untuk bantu rakyat,” kata Umar Faruq.

Sementara itu salah satu pasangan pengantin, Dayat Saefudin mengaku bersyukur bisa nikah secara gratis dalam Program TMMD ini. “Saya sama sekali tidak menyangka bisa memperoleh buku nikah secara gratis sebagai bukti legalitas pernikahan saya dengan Sarnah ,” kata Dayat Saefudin dengan mata berbinar-binar. (hib/shb)