Ratusan Calon Anggota PPK Di Bangkalan Gugur Sebelum Jalani Tes Tulis

Calon anggota PPK saat jalani tes

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Sebanyak 270 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) KPU kabupaten Bangkalan gugur sebelum menjalani tes tulis. Ratusan calon anggota PPK itu gugur karena tidak memenuhi persyaratan administrasi. Peserta yang mengikuti tes tulis saat ini 411 orang, dari  681orang pendaftar   sebanyak 270 orang tidak lolos administrasi,” kata Ketua KPU kabupaten bangkalan, Zainal Arifin di sela sela pelaksanaan tes tulis calon anggota PPK di aula SMKN 2 Bangkalan, Selasa (06/12/2022).

Dikatakan dia, 441 calon anggota PPK mengikuti tes tulis dengan sistem CAT. “Tes dengan sistem CAT kepada 441 calon anggota PPK dalam pelaksanaan  dibagi menjadi 4 gelombang, ” jelas Zainal sapaan akrabnya Ketua KPU bangkalan ini.

Dijelaskan Zainal, 411 calon anggota PPK akan diseleksi lagi menjadi 90 orang yang akan mengikuti tes selanjutnya yaitu tes wawancara.  “Untuk tes Wawancara ini sesuai juknis KPU RI kita akan menyeleksi maksimal 15 orang paling sedikit 10 orang kali kebutuhan di masing masing kecamatan untuk masuk ke tes wawancara, ” terangnya.

Tes wawancara untuk calon anggota PPK ini kata Zainal akan dilaksanakan nanti tanggal 11 Desember 2022. “Untuk tempat tes wawancara akan dilakukan di kantor KPU Bangkalan, ” tuturnya.

Ditambahkan Zainal, setelah tes wawancara,  kemudian calon anggota PPK akan ditetapkan. “Sesuai dengan tahapannya penetapannya nanti tanggal 18 Desember dan selajutnya pengumuman anggota PPK terpilih. ” Untuk Pelantikannya anggota PPK  nanti akan dilaksanakan  tanggal 4 Januari 2023. Anggota PPK yang ditetapkan  90 karena 5 dikali 18,” katanya.

Ketua KPU Bangkalan, Zainal mengharapkan, kepada anggota PPK yang lolos  mempunyai kualitas dan integritas yang tinggi. “Harapan semua calon peserta konsentrasi  dan tidak boleh takut, anggaplah hal yang biasa, untuk calon anggota PPK  yang diterima kualitas dan integritas pada saat menjadi penyelenggara nanti pada pemilu 2024 nanti,” ujarnya.

Salah seorang peserta calon anggota PPK Bangkalan Haris mengatakan, dirinya mengikuti tes calon anggota PPK karena ingin mengawal pemilu yang aman dan tentram. “Semoga saya terpilih menjadi anggota PPK  di bangkalan saya harapkan tidak ada kecurangan dalam rekruitmen calon anggota PPK  pemilu 2024 dan tidak ada yang namanya siap menyuap dari pihak parpol atau sebaliknya ciptakan pemilu yang aman dan tertib, ” pungkasnya (edi/shb)