HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Ratusan Calon Jama,ah Haji Bangkalan Ikuti Bimbingan Manasik Haji Massal Tahap Pertama

Bimbingan manasik haji massal

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Sebanyak 332 calon jama,ah haji kabupaten Bangkalan mengikuti bimbingan manasik haji massal tahap pertama yang diadakan oleh Kantor Kementrian Agama kabupaten Bangkalan. “Alhamdulilah bimbingan manasik haji massal tahap pertama hari ini  berlangsung lancar, ” kata Kasi haji dan Umroh Kemenag Bangkalan ,Wafir disela-sela acara Bimbingan manasik massal tahap pertama di  gedung PKP,RI Bangkalan, Jum’at (27/05/2022).

Dikatakan dia, didalam  bimbingan manasik haji ini calon jama,ah haji diberi materi langsung mengenai materi kesehatan,dan tentang aturan apa saja yang dilakukan di tanah suci Mekkah nanti. “Hal hal yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji di Mekkah dijelaskan dalam bimbingan manasik haji ini,” jelasnya.

Dijelaskan Wafir, dalam pelaksanaan bimbingan manasik haji ini,  ada calon jama,ah haji yang termuda dan ada juga calon jama, ah haji yang lanjut usia (Lansia). “Calon jama, ah haji yang paling muda usia 18 tahun dari kecamatan Arosbaya kebetulan dia pengganti dari ibu yang meninggal dunia dan terus digantikan pada anaknya yang berangkat untuk melakukan ibadah haji di tahun ini, sementara calon jama, ah haji yang lanjut usia, umurnya 65 tahun, karena usia 65 keatas sekarang tidak diperbolehkan menunaikan ibadah haji,” terangnya.

Ditambahkan Wafir, calon jama, ah haji dari bangkalan pada musim haji tahun ini habya 1 kelompok terbang (kloter) jemaah haji “Sesungguhnya pada tahun 2020 di kabupaten Bangkalan  ada 624 calon jama,ah haji, namun karena pandemi Covid 19 akhirnya tertunda, dan sekarang ada pengurangan menjadi 332 calon jama, ah yang berangkat,” tuturnya.

Calon jama, ah haji dari kabupaten Bangkalan kata Wafir, akan di berangkatkan ke Tanah Suci Mekkah  tanggal 19 Juni 2022. “Insya Allah kita sudah menyiapkan 7 armada bus, ” katanya.

Sementara itu,  Kabid Penyelenggaraan  Haji dan Umroh Jawa Timur, Abd.Haris mengatakan, bimbingan manasik haji pada musim haji tahun ini berlangsung tertib. “Pelaksanaan bimbingan manasik haji di bangkalan  ini sungguh luar biasa, calon jama, ah haji hadir semua, ya mungkin karena memang kerinduan sangat luar biasa 2 tahun tidak ada pelaksanaan ibadah haji, nah pada tahun ini kita mendapatkan kesempatan secara maksimal. Kepada calon jama, ah haji kami ucapkan selamat melaksanakan ibadah haji  ke tanah suci Mekkah dan balik ke Indonesia  dengan selamat dan menjadi Haji yang mabrur,” pungkas  (edi/shb)