HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Ratusan Koperasi di Bangkalan Hidup Segan Mati Tak Mau

Kepala Dinas koperasi dan Usaha Mikro kabupaten Bangkalan, Ali Afandi

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Dari 793 Koperasi yang ada di kabupaten Bangkalan, sebanyak 593 koperasi hanya tidak beraktivitas dan hanya tinggal apapn namanya saja, sementara 200 koperasi lainnya masih aktif dan ada kegiatannnya. “Koperasi ynag tercatat di kami itu 793 namun yang melaksanakan kewajiban sekitar 200 koperasi,” kata Kepala Dinas koperasi dan Usaha Mikro kabupaten Bangkalan,  Ali Afandi, Ahad (3/9/2017).

Dikatakan dia, 200 koperasi yang masih melaksanakan kewajibannya itu dalam arti ke-200 koperasi itu masih melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). “Jadi setiap RAT dan pergantian kepengurusan kita selalu diundang, jadi kita tahu mana koperasi yang masih aktif dan mana yang tidak aktif,” jelas Ali Afandi.

Dijelaskan dia, karena koperasi yang masih aktif hanya 200, maka koperasi yang aktif uitulah yang masih dibina oleh Dinas koperasi dan Usaha Mikro. “Ya 200 koperasi itu yang kita bina, kalau seumpanya ada fasilitas pendanaan dari pemerintah ya kit ainformasi kepada mereka, begitu jug akalau ada Kredit Usaha rakyat (KUR) ya kita sampaikan,” terangnya.

Untuk sisanya 593 koperasi yang hanya tinggal papan namanya itu kata Ali Afandi, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa, sebab pihaknya tidak mempunyia  wewenang untuk membubarkan koperasi yang hiddup segan mati tak mau tersebut.  “Kopersai yang tidaka ktif itu kita serahkan kepada pemerintah, karena pemerintah pusat yang mempunyai kewenangan untuk membubarkan koperasi-koperasi itu,” katanya.

Ditambahkan Ali Afandi, melihat jondisi koperasi yang ada di kabupaten Bangkalan yang banyak mati suri itu, maka dirinya jumlah koperasi di bangkalan sedikit namun anggotanya banyak. .”Bagi kami lebih baik sedikit koperasi tapi anggotanya banyak,  daripada
banyak koperasi tapi hanya papan nama saja,” pungkas Ali Afandi. (hib/shb)