HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Ratusan Siswa dan Ulama Serta Tokoh Non Muslim Ikuti Apel Nusantara Bersatu

para siswa saat mengikuti apel kebangsaan
para siswa saat mengikuti apel kebangsaan

 

Pamekasan, maduranewsmedia.com -Ratusan orang dari berbagai unsur di kabupaten pamekasan mengikuti apel nusantara bersatu yang digelar diareal monumen arek lancor, acara yang digagas oleh panglima TNI jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam rangka memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan. Kamis (30/11/2016).

Kegiatan apel nusantara bersatu ini, dihadiri tokoh agama, tokoh non muslim, pelajar, mahasiswa, pemuda, budayawan, organisasi kemasyarakatan, anggota TNI dan polri serta pegawai negeri sipil dilingkungan pemerintah kabupaten pamekasan, dan komponen bangsa lainnya setiap peserta ditandai dengan pita merah putih yang diikatkan di kepala.

Gebyar apel nusantara bersatu digelar di areal monumen arek lancor, pamekasan, yang merupakan tempat bersejarah bagi masyarakat pamekasan, karena di tempat ini dulu masyarakat pamekasan berperang melawan penjajah belanda dengan bersenjatakan celurit. apel nusantara bersatu ini digagas oleh panglima TNI, jenderal  TNI Gatot nurmantyo, dengan tujuan untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Masyarakat pamekasan sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan ini, mereka berharap kegiatan ini tetap berkelanjutan digelar, untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan keberagaman dalam bermasyarakat.

Hendrik tokoh agama Katolik mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi acara ini, mendukung persatuan dan kesatuan bangsa dari seluruh aspek maupun suku bangsa dan rasa manapun. hal ini sebetulnya dilakukan secara rutin disetiap hari kemerdekaan atau sumpah pemuda dan ini mungkin lebih dikiatkan lagi karena melihat situasi untuk menjaga keutuhan.

‘’Saya sangat senag mas, kalau di pamekasan sendiri kerukunan umat islam bersama non musling sangat terjaga dan tidak ada yang saling menyalahkan, dan setiap ada acara selalu bersatu’’. Terang Hendrik

Sementara itu, Dandim 0826 pamekasan letkol inf. Nuryanto,Kegiatan ini sangar penting, dan tidak ternilai karena tanpa persatuan dan kesatuan maka indonesia tidak akan maju kedepan, kita merdeka karena bersatu kalau kita ingin menjadi pemenang setelah merdeka kita harus bersatu.hampir seluruh elemen masyarakat hadir mulai dari ulama dan perwakilan dari agama non muslim, tokoh adat juga hadir pemda kepolisian dan TNI hadir,,hampir seluruh elemen hadir.

Seusai apel, acara dilanjutkan dengan orasi tokoh-tokoh dan doa lintas agama juga dimeriahkan lantunan lagu-lagu kebangsaan seperti Indonesia raya,  dari sabang sampai merauke,  merah putih dan lagu kebangsaan lainnya yang diiringi kartika orkestra. (rhm/shb)