HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Realisasikan KIA, Dispendukcapil Gandeng Disdik

kepala bidang administrasi kependudukan, Dinas kependudukan dan catatan Sipil kabupaten Bangkalan, Irisu’ud

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil)  kabupaten Bangkalan menggandeng Dinas pendidikan (Disdik) dalam dalam pembuatan kartu Identitas Anak (KIA).  “Kami sudah bekerja sama dengan dinas pendidikan dalam mengkoordinir pembuatan KIA. Jadi para orang tua tak perlu repot datang ke kantor Dispendukcapil dalam pembuatan KIA,” kata kepala bidang administrasi kependudukan, Dinas kependudukan dan catatan Sipil kabupaten Bangkalan, Irisu’ud Senin (27/01/2020)

Dikatakan dia, pembuatan KIA Dispendukcapil sudah melakukan secara bertahap.  “Kita sudah menjelaskan ke Disdik agar segera mendaftarkan beberapa sekolah-nya dalam pembuatan KIA. Untuk  saat ini kami masih menyebar di kecamatan Kota saja, jika di daerah kecamatan kota ini selesai kami akan berlanjut ke kecamatan lainnya,” jekas Suud panggilan akrabnya Kabid Adminduk ini.

Dijelaskan Suud, bagi orang tua yang mau mencetak KIA anak-anak mereka di dispendukcapil pihaknya akan memprosesnya, namun  KIA yang sudah tercetak tidak akan diberikan langsung ke mereka. “Untuk saat ini jika ada yang mencetak KIA secara individu di Dispendukcapil, kami akan memprosesnya akan tetapi kami tidak akan memberikan langsung ke pihak yang bersangkutan akan tetapi kami memberikannya ketika Bapak Bupati melaunching KIA dan diberikan secara simbolis,” imbuhnya.

Suud juga menyatakan jika nanti KIA  sudah launching, maka  pihaknya akan membuka pelayanan dalam pengurusan KIA secara individu di Mall pelayanan publik (MPP).  “Dalam pelayanan pengurusan KIA kami kerjasama dengan Disdik supaya enak pendataan dalam pengurusan KIA. Kabarnya juga kan Bapak Bupati merencanakan MPP jadi kami akan menyiapkan semua pelayanan yang ada di Dispendukcapil termasuk pengurusan KIA ini,” pungkasnya. (ver/shb)