HEADLINEKESEHATANPERISTIWATERKINI

RSUD Sumenep Tangani Ratusan Pasien DBD

 

Penderita DBD di RSUD Sumenep Membludak
Penderita DBD di RSUD Sumenep Membludak

Sumenep, Maduranewsmedia.com – Akibat terus meningkatnya jumlah kasus demam berdarah (DBD) di Sumenep dipuncak musim penghujan,, hingga kini Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Moh Anwar Sumenep sudah merawat sedikitnya 214 kasus.

Kasi Evaluasi Dan Pelaporan RSUD Sumenep,  Hendiyanto mengungkapkan, dari keseluruhan kasus DBD di Sumenep, 80 persen lebih penderita dirawat di rumah sakit milik pemerintah kabupaten ini. hingga minggu ke-4 bulan Pebruari pasien penderita DBD dari berbagai wilayah kabupaten sumenep masih terus berdatangan. “Hingga tanggal 25 Februari 2016, kami sudah menangani 120 pasien DBD, khusus bulan Februari saja, sementara pada bulan Januari ada 94 kasus DBD,” ujar Hendi saat ditemui diruang kerjanya, sabtu (27/02/2016)

Lebih lanjut Hendi menjelaskan, untuk bulan Januari 2016, dari 94 pasien yang ditangani RSUD, pulang sembuh 82 orang, pulang paksa 7 orang, dan dirujuk ke Surabaya 5 orang. Sementara untuk bulan Februari hingga minggu ke-4, sudahada 120 pasien yang ditangani, pulang sembuh 91 orang, pulang paksa 7 orang, dan dirujuk ke Surabaya 3 orang dan meninggal dunia 1 orang.

“Kami tidak pernah membedakan pelayanan antara pasien DBD, umum maupun BPJS. Pastinya pasien yang masuk ke RSUD, kami tangani dengan protap dan prosedur yang ada di rumah sakit ini. Untuk tahun 2015 kemarin, saking banyaknya pasien DBD, kami sempat kewalahan menangani pasien, karena bed yang kami punya terbatas, sehingga kami pinjam bed ekstra kepada PMI, Polres dan Kodim, tapi untuk tahun 2016 ini, kami mampu menangani karena sudah ditambah zal untuk pasien kelas 3,” terang Hendi. (hri/shb)