HEADLINEPERISTIWATERKINI

Rumput Laut  Salah Satu Sumber Mata Pencarian Warga Pulau Gili Iyang Sumenep

Morga warag pulau Gili Iyang

Sumenep, maduranewsmedia.com– selain sebagai nelayan dan petani salah satu sumber mata pencarian warga pulai Gili Iyang tepatnya di desa Ben Ra,as kecamatan Dungkek kabupaten Sumenep adalah mencari rumput laut. Warga setempat biasanya bisa mengupulkan rumput laut 150 hiongga 200 kwintal/hari. “Alhamdulillah dari hasil mencari rumput laut ini kita bisa bertahap hidup,” kata Moa (100) warga desa Ben Ra’as kecamatan Dunkek kabupaten Sumenep

Diktakan Moa, untuk bisa mengumpulkan rumput laut hingga 150 kwintal itu, dirinya harus menyelam di laut selam kurang lebih setengah hari. “Ya ini hasil pencarain setengah hari pak,” jelas Moa.

Dijelaskan dia, ratusan kwintal rumput laut tersebut sebelum dijual, dikeringkan terlebih dahulu. “Ya rumput laut ini kit akeringkan dulu, kemudain setelah kering rumput laut ini kita jual Rp 1500/kg, ya alhamdulillah hasilnya cukup buat beli beras,” tuturnya.

Moa tidak harus menyeberang ke kecamatan Dunkek untuk menjual rumput laut tersebut, namun sudah ada para pengepul rumput laut di desanya yang siap mengambil rumput laut yang sudah kering tersebut. (hib/shb)