HEADLINEHUKUM & KRIMINALPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Sambut Natal Dan Tahun 2020, Polres Bangkalan Akan Gelar Operasi Lilin Semeru Selama 10 Hari

kata Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra bersama Bupati Bangkalan melakukan pemeriksaan pasukan

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Dalam menyambut Perayaan Natal dan tahun baru 2020 (NATARU), polres Bangkalan akan menggelar operasi Lilin Semeru 2019 selama 10 hari. Operasi Lilin Semeru 2019  itu akan dimulai tanggal 23 Desember 2019 dan akan berakhir nanti pada tanggal 1 Janurai tahun 2020. “Operasi Lilin semeru 2019 ini dalam rangka menyambut perayan natal dan  tahun baru 2020,” kata  Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra usai memimpin apel gelar pasukan operasi Lilin Semeru 2019 di halaman Polres Bangkalan, Kamis (19/12/2019)..

Dikatakan dia, peseta apel pasukan operasi Lilin Semeru 2019 ini adalah pasukan gabungan. “Dalam apel gelar pasukan operasi Lilin Semeru 2019 pasukan gabungan yang terdiri dari POLRI, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan juga Relawan dari unsur Masyarakat,” jelas Rama Panggilan akrabnya Kapolres Bangkalan ini.

Dijelaskan dia, gelar apel pasukan ini dilakukan untuk memeriksa kesiapan personil, petugas-dari instansi terkait serta  pemeriksaan kendaraan bermotor (Ranmor) untuk siap siaga menghadapi natal dan tahun baru 2020. “Untuk saat ini kami sudah  mengecek kesiapan personil dan pemeriksaan ranmor demi kesiap siagaan menjelang natal dan tahun baru. Hasil pemeriksaan cukup menunjukkan kesiap siagaan, kami polres Bangkalan bersama instansi terkait yang terlibat sudah siap untuk memberikan jaminan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang akan merayakan hari natal 2019 dan tahun baru tahun 2020,” terangnya.

Ditambahkan Rama, Untuk pengamanan malam natal dan tahun baru 2020 pihaknya menerjukan 600 personil gabungan dari instansi terkait.”Jumlah personil dalam operasi lilin semeru ini ada 600 orang yang mana personil ini merupakan gabungan dari instansi terkait. Personel itu akan kami tempatkan di pos pantau, pos pelayanan, maupun pos pengamanan yang berada di titik-titik tertentu untuk mengamankan masyarakat dalam arus mudik, pusat perbelanjaan dan tempat-tempat wisata,” jelasnya

Sebelum melakukan operasi Lilin Semeru 2019 kata Rama,  dalam upaya pengamanan, pihaknya akan mensterilkan beberapa titik titik rawan. “sebelumnya kami harus melakukan upaya pengamanan dengan cara pensterilan dan juga penempatan personil untuk memonitor pengamanan di titik-titik rawan dan untuk tahun baru kami memfokuskan penjagaan ketat di Suramadu dan alun-alun kota Bangkalan,” katanya

Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron menghimbau masyarakat dalam pelaksanaan natal dan tahun baru tidak berlebihan. “Kami berharap aparat bisa menjaga keamanan dalam nataru dan kami juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak merayakan tahun baru secara berlebihan, seperti  menggunakan motor knalpot brong agar tidak mengganggu aktivitas dan kenyamanan masyarakat yang tidak suka dengan hingar bingar dan juga kami berharap kepada masyarakat agar bisa menjaga toleransi antar agama,” pungkasnya. (ver/shb)