Sambut Tahun Baru Islam Ponpes Kanzul Ulum Bringen Langkap Gelar Pawai Obor Keliling Kampung

obor keliling kampung

Bangkalan, maduranewsmedia.com-Ada banyak yang cara dilakukan oleh umat Islam dalam memperingati malam Tahun Baru Islam atau malam tanggal 1 Muharrom 1444 Hijriyah.Seperti yang dilakukan oleh pondok pesantren Kanzul Ulum Bringen desa Langkap kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan. Pondok pesantren  ini memperingati malam pergantian tahun Baru Islam dengan menggelar pawai obor keliling kampung.  “Sebelum acara inti dimulai pertama  kita lakukan pawai obor  berkeliling kampung kangenan di iringi dengan Hadroh sholawat,dan setelah itu kita membaca doa bersama dan rangkaian kegiatan menyambut malam tahun baru ini diakhiri dengan nonton film yang bernuansa islami.” kata Pengasuh Ponpes Kanzul Ulum, Drs H Muhdhori Abd Rahman,Jum’at (29/07/2022).

Dikatakan dia, dalam menyambut malam tahun baru Islam ini ponpes Kanzul Ulum mengkemasnya  dengan kegiatan yang positif  bagi santriwan dan  santriwati. “Dalam menyambut malam tahun Islam 1444 H ini kita isi dengan pembacaan doa bersama agar santri dan alumni diberi keberkahan selama hidupnya. acara ini di ikuti  oleh semua unit mulai dari TK, MI, SMP, dan acara ini juga terbuka untuk warga umum sekitar yang ingin menyaksikan,”jelas Kiai Muhdhori sapaan akrabnya Pengasuh Ponpes Kanzul Ulum ini.

Dijelaskan kiai Muhdhori,menyambut malam tahun baru Islam ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun,. “Acara ini di adakan setiap tahun di pondok untuk memperingati tahun baru Islam,namun dalam tahun sekarang ada yang berbeda yaitu kita tasyakuran atas telah terbentuknya Hadrah Al-Habsy atau banjari dari santri laki-laki,” terangnya.

Ditambahkan dia, Dengan memperingati tahun baru Islam ini paling tidak para santri mengetahui kapan tahun baru yang sebenarnya harus dirayakan. “Tahun barunya orang Islam itu jatuh pada tanggal 1 bulan Muharrom ,dalam hal ini otomatis santri mengetahui bahwa tahun baru Islam jatuh pada bulan Muharram, kemudian menyambut dengan kegiatan   islami diharapkan para santri lebih giat belajar dan suka bersholawat,” tuturnya.

Sementara itu salah seorang santri ponpes Kanzul Ulum, Agus Sutejo mengaku sangat antusias dalam menyambut malam tahun baru Islam  “Saya santri di pondok ini menyukai agenda acara dalam menyambut malam malam 1 Muharrom atau yang lebih dikenal malam tahun baru Islam,didalam acara yang dikemas antara lain pawai obor dan pembacaan sholawat al-habsy atau banjari,” pungkasnya. (edi/shb).